Berikut Desa Terbaik dalam Penyelesaian Administrasi Penggunaan Dana Desa di Kuansing

Berikut Desa Terbaik dalam Penyelesaian Administrasi Penggunaan Dana Desa di Kuansing

13 Oktober 2021
Penyerahan penghargaan

Penyerahan penghargaan

RIAU1.COM - Bersempena Hari Jadi ke-22 Kabupaten Kuantan Singingi, Bupati Andi Putra memberikan penghargaan kepada Desa terbaik dalam penyelesaian administrasi penggunaan dana desa tahun 2021.

Plt Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Napisman, Selasa (12/10/2021) menyampaikan bahwa penilaian ini dilakukan berdasarkan kelengkapan indikator administrasi yang dilakukan Desa.

"Sesuai regulasi Permendagri Nomor 81 Tahun 2015, kita mengadakan lomba desa setiap tahunnya, disetiap tingkatan mulai dari Kabupaten, Provinsi, Regional maupun Pusat," katanya.

Menurut Napisman, hal yang dinilai lebih kepada pembenaran administrasi dan data yang ditunjukan oleh profile Desa. "Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dan dilakukan seleksi mulai dari tingkat kecamatan," kata Napisman.

"Aspek administrasi itu adalah ketersediaan data, kelengkapan administrasi yang ada di Desa sesuai dengan Permendagri Tahun 2017 tentang profile desa," terang Napisman.

Untuk tahun 2021, sambung Napisman, Desa-Desa yang berhasil meraih anugrah penghargaan Desa terbaik yakni, Peringkat Pertama di raih oleh Desa Beringin Jaya Kecamatan Singingi Hilir, Peringkat Kedua di tempati Desa Talontam Kecamatan Benai, dan di Peringkat Ketiga dihuni oleh Desa Pisang Berebus Kecamatan Gunung Toar.

"Kepada Desa Desa yang berhasil menjadi Desa terbaik dalam lomba desa se Kabupaten Kuantan Singingi tahun 2021 ini, diberikan piagam penghargaan oleh Pemkab Kuansing," kata Plt Kepala Dinsos PMD Kuansing.

Secara terpisah, Raja Helpi Alpinso yang merupakan Kepala Desa Talontam Kecamatan Benai membenarkan bahwa desanya berhasil menjadi sang peraih Juara Kedua Lomba Desa Terbaik se-Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) tahun 2021.

"Ya, Anugrah Lomba Desa Terbaik diberikan kepada saya tadinya, penghargaan ini sebetulnya hasil dari kinerja semua aparatur desa, bukan hanya dari segi perangkat desa tapi juga dari kinerja para ibu ibu PKK, kader Posyandu berkolaborasi dengan Pemerintahan Desa. Berkat kerjasama itu maka tercapailah prestasi yang diberikan kepada Desa Talontam," kata Raja Helpi Alponso.*