Kapolres Kuansing: Seluruh Pasien Covid-19 Harus Tahu Tempat Tinggalnya

Kapolres Kuansing: Seluruh Pasien Covid-19 Harus Tahu Tempat Tinggalnya

28 Mei 2021
Kegiatan Vidcon Rakor Satgas Penanganan Covid-19/zar

Kegiatan Vidcon Rakor Satgas Penanganan Covid-19/zar

RIAU1.COM -Tingginya kasus Covid-19 di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Tentunya menjadi perhatian semua pihak, oleh karena itu. Polres Kuansing mengggelar Vidcon Rakor Satgas Penanganan Covid-19, bertempat di Aula Sanika Satyawada Mapolres Kuansing, Kamis (27/5).


Kegiatan Vidcon Rakor Satgas Penanganan Covid-19 ini, dihadiri Kapolres AKBP Hengky Poerwanto, S.IK. MM, Pabung Kodim 0302 Inhu-Kuansing Mayor Inf. Hariantago, Plh. Sekda DR. Agus Mandar, S.Sos, M.Si, Waka Polres Kompol Antoni Lumban Gaol, SH, MH, Kabag Sumda Kompol Yanuardi, SH, MH, Kabag Ops Kompol Erde Dianto, SH, Kasat Intelkam IPTU Riand Samudro, S.IK. M,Si, Kasat Pol PP diwakili Kabid Pelayanan Santi S, Sos, Camat SE Kuansing selaku kasatgas covid kecamatan, Ka Puskesmas Se Kuansing, Kapolsek Se Kuansing.


Menurut Kapolres Kuansing AKBP Hengky Poerwanto, S.Ik. MM, bahwa seluruh pasien Covid-19 harus di ketahui tempat tinggalnya, dan orang yang melakukan isolasi mandiri rumahnya di tempel stiker. " Pemberian vaksinasi terhadap lansia harus di tingkatkan, harus proaktif dalam mengedukasi dan mendatangi lansia dan target vaksin Covid-19," Ujarnya.


Dirinya mengingatkan kepada masyarakat, untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan 5 M dan 3 T kesehatan covid-19, untuk meminimalisir penambahan pasien covid 19. " Diharapkan para aparatur di tingkat desa, agar dapat merealisasi anggaran desa yang diperuntukan untuk PPKM, dan bantuan sembako untuk masyarakat yang melaksanakan isolasi mandiri, terutama yang memiliki penghasilan tidak tetap atau menengah ke bawah," Sebutnya.


Selain itu, Katanya, Agar dilakukan monitoring terhadap kondisi kesehatan masyarakat yang melakukan isolasi mandiri secara berkala, apabila kesehatan menurun agar segera diarahkan ke rumah sakit.


Sementara Plt. Sekda Kuansing DR. Agus Mandar, S.Sos, M.Si menyampaikan kepada UPTD kecamatan, diharapkan untuk melakukan zonasi minimal tingkat dusun atau lingkungan. " Untuk sekolah, dimana ada pelajar terpapar covid-19, diharapkan tetap melaksanakan sekolah secara daring," Ujarnya.


Untuk tingkat kecamatan, harus tetap ingatkan kepada masyarakat tentang prokes kesehatan covid-19, melalui himbauan langsung maupun melalui Sepanduk," Tambahnya.


Plt. Kadis Kesehatan, Helmi Ruspandi, S.Sos. M.Ph menyampaikan bahwa Kendala dalam vaksinasi kepada masyarakat, adalah kurangnya tingkat partisipasi masyarakat dalam vaksinasi. 


Bahkan dirinya juga menyampaikan bahwa saat ini obat Pasien Covid-19 sudah sangat berkurang, sehingga Tim dari Diskes sedang menjemput obat ke Diskes Provinsi. " Karena kekurangan obat pasien Covid-19, sehingga Tim kami sedang menjemputnya ke Diskes Provinsi," Katanya.


Kegiatan Vidcon Rakor Satgas Penanganan Covid-19, dilanjutkan dengan Dialog interaktif antara Camat dan Ka Puskesmas terkait kendala Penanganan Covid-19, yang dipimpin Plh. Sekda yang sekaligus Kepala Satgas Covid-19, DR. Agus Mandar. (Zar)