Ujian Semester Akan Dilakukan Secara Daring di Kuansing

Ujian Semester Akan Dilakukan Secara Daring di Kuansing

24 November 2020
Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kuantan Singingi Jupirman S.Pd/R24

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kuantan Singingi Jupirman S.Pd/R24

RIAU1.COM -Kuansing - Tidak lama lagi, masa belajar di semester ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 akan berakhir. Tentu saja akan dilakukan penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun 2020, pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

Namun mengingat masa Pandemi Covid-19 yang saat sekarang ini belum juga berakhir, maka kegiatan penilaian akhir semester ganjil tahun 2020 pada jenjang pendidikan dasar dan menengah di di Kuansing, tetap akan dilakukan dalam jaringan (daring).


“Dengan akan berakhirnya masa belajar di semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021, maka penilaian akhir semester ganjil dilakukan secara daring,” Ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kuantan Singingi, Jupirman SPd melalui Releasenya Senin (23/11).

Untuk pelaksanaan penilaian akhir semester ganjil, akan dilaksanakan pada tanggal 30 November sampai 5 Desember 2020. Pelaksanaannya dilakukan secara daring, luring atau kombinasi daring dan luring. "Jadwal mata pelajaran yang diujikan, disusun oleh masing-masing satuan pendidikan, dengan memperhatikan protokol kesehatan," Ujarnya.


Sementara sistem penilaian siswa dapat diambil dari Nilai Tugas, Porto Folio, Prestasi siswa pada semester berjalan. Selain itu melalui tes daring atau luring, atau bentuk asesment jarak jauh lainnya, ditentukan dan diatur oleh guru pada satuan pendidikan masing-masing," Tambahnya.

Satuan pendidikan katanya, juga diminta menyusun aturan tekhnis yang akan dijadikan pedoman dalam pelaksanaan penilaian. "Remedial dilaksanakan pada tanggal 7-9 Desember," Sebutnya.

Sementara pengolahan nilai rapor, akan dilaksanakan pada tanggal 7 sampai 12 Desember 2020. Pengisian rapor dilaksanakan pada tanggal 14-17 Desember 2020. "Tanggal rapor dan penyerahan rapor kepada peserta didik dilaksanakan pada Tanggal 19 Desember 2020," Tambahnya.

Sedangkan untuk libur semester ganjil tahun pelajaran 2020, akan dimulai tanggal 21 Desember 2020 sampai tanggal 2 Januari 2021. Hari pertama semester genap tahun pelajaran 2020/2021 pada tanggal 4 Januari 2021," Ujarnya lagi.

"Insya Allah pertemuan pertama semester genap langsung tatap muka. Tapi itu kondisional melihat perkembangan kasus Covid-19," Tuturnya. (ndi/Rls).