Akibat Covid-19, Dana Operasional Kecamatan Berkurang Rp 1 Milyar dari Tahun 2020

Akibat Covid-19, Dana Operasional Kecamatan Berkurang Rp 1 Milyar dari Tahun 2020

13 November 2020
Camat Kuantan Tengah Agus Iswanto, S.STP. M.Si/R24

Camat Kuantan Tengah Agus Iswanto, S.STP. M.Si/R24

RIAU1.COM -

Kuansing - Masa Pandemi Corona Virus (Covid-19) yang sedang berlangsung sampai saat sekarang ini, menyebabkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk Tahun 2021 juga mengalami penurunan, jika dibandingkan dengan Tahun 2020.


Hal ini juga dialami oleh Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Yang mana untuk Dana Operasional Kecamatan, Kuantan Tengah diperkirakan akan memperoleh sebesar Rp 6 Milyar.


" Untuk Tahun 2021 mendatang, Kecamatan Kuantan Tengah akan memperoleh Dana Operasional Kecamatan sebesar Rp 6 Milyar. Dana Kecamatan ini turun dibandingkan Tahun 2020 yang mencapai Rp 7 Milyar," Ungkap Camat Kuantan Tengah, Agus Iswanto, S.STP. M.Si ketika dihubungi Riau24.Com diruang kerjanya, Jumat (13/11).


Menurutnya, Pada Tahun 2020 Dana Operasional Kecamatan Kuantan Tengah sekitar Rp 7 Milyar. Sementara untuk Tahun Anggaran 2021 mendatang sekitar Rp 6 Milyar. " Dana itu nantinya untuk semua kegiatan operasional, dan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) di kantor kecamatan," Ujarnya.


Dirinya juga mengakui, terjadinya pengurangan Dana Operasional Kecamatan, disebabkan terjadinya masa Pandemi COVID-19 yang sampai saat sekarang ini belum berakhir, sehingga menyebabkan situasi anggaran minim," Tambahnya.


Dijelaskannya, Kecamatan Kuantan Tengah saat ini terus semakin pesat Pembangunannya, seiring sebagai Ibukota Kabupaten Kuantan Singingi. Pembangunan dilakukan melalui APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN. 

Kecamatan Kuantan Tengah memiliki tiga kelurahan, yakni Kelurahan Sungai Jering, Kelurahan Simpang Tiga dan Kelurahan Pasar. " Kalau untuk kegiatan Fysik, memang tidak ada di Kecamatan, tapi yang ada hanya di Kelurahan," Tuturnya. (ndi)