Distan Salurkan 17.030 Batang Bibit Sawit, 12 Kelompok di 7 Kecamatan

Distan Salurkan 17.030 Batang Bibit Sawit, 12 Kelompok di 7 Kecamatan

10 November 2020
Kadis Pertanian Kuansing Ir. Emmerson/R24

Kadis Pertanian Kuansing Ir. Emmerson/R24

RIAU1.COM -

 

Kuansing -  Pemkab Kuansing melalui Dinas Pertanian, pada Tahun Anggaran 2020 ini, kembali akan menyalurkan bantuan Bibit Kelapa Sawit, kepada petani sawit dengan jumlah kurang lebih 17.030 batang di Tahun 2020.

 

Batuan bibit kelapa sawit untuk para petani di Kuansing ini, akan diserahkan kepada 12 Kelompok Tani di 7 Kecamatan. "Jadi bantuan bibit kelapa sawit ini, akan kita salurkan kepada 12 Kelompok Tani di 7 Kecamatan," Ungkap Kepala Dinas Pertanian Kuansing Ir. Emmerson Ketika dihubungi wartawan di ruang kerjanya.

Menurutnya bantuan bibit kelapa sawit ini, untuk masyarakat di tujuh kecamatan se - Kuansing. Hal ini sudah melalui kesepakatan, dan hasil survei tim. "Sekarang ini lagi dalam proses lelang, mohon dukungannya," Harapnya.

 

Sedangkan Tujuh Kecamatan yang akan menerima bantuan kelapa sawit antara lain yaitu, Kecamatan Kuantan Mudik, Gunung Toar, Hulu Kuantan, Singingi, Sentajo Raya, Inuman dan Kuantan Tengah. Rata rata nantinya akan memperoleh 10 hektar setiap desa, untuk 12 kelompok. " Berharap seperti tahun sebelumnya, proses dan kegiatan berjalan lancar," Tuturnya.

Loading...

 

Selain itu, katanya, saat ini sedang dilakukan kegiatan replanting kebun kelapa sawit sebanyak 4.149 hektar, dari usulan 6.000 Hektare untuk sawit berumur dibatas 25 tahun.  Saat ini sedang dilakukan di Kecamatan Singingi dan Singingi Hilir," Tambahnya.

Sedangkan untuk tahun 2021, Distan mengusulkan program yang sama dengan jumlah 14.050 batang, lebih rendah karena situasi anggaran. (ndi)