Roni Rakhmat: Kita Harus Optimalkan Potensi Sejumlah Obyek Wisata

Roni Rakhmat: Kita Harus Optimalkan Potensi Sejumlah Obyek Wisata

9 November 2020
Pjs. Bupati Kuansing Roni Rakhmat /R24

Pjs. Bupati Kuansing Roni Rakhmat /R24

RIAU1.COM -

Kuansing - Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau, memiliki banyak potensi Obyek Wisata, baik Wisata Alam, Budaya dan Tradisional. Namun sangat disayangkan sekali, potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Kuansing tersebut, belum tergarap dengan maksimal, sehingga belum dikenal secara luas oleh masyarakat.

 

Padahal bila tergarap dengan maksimal, sudah barang tentu akan menjadi Daerah Tujuan Wisata dan menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Oleh karena itu, maka pihaknya akan mengotimalkan seluruh potensi sejumlah wisata pada Tahun 2021 mendatang," Ungkap Pjs Bupati Kuantan Singingi Roni Rakhmat, Ketika dihubungi Riau24. Com diruang kerjanya Senin (9 /11).


 

Menurutnya, Kabupaten Kuantan Singingi memiliki banyak potensi Obyek Wisata, seperti Air Terjun Guruh Gemurai Desa Kasang, Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban Lubuk Ambacang, Air Terjun Ulu Lembu di Singingi, Sumber Air Panas Sungai Pinang, Danau Kebun Nopi Bukit Pedusunan, Danau Koto Kari, Event Pacu Jalur di Tepian Narosa. " Semua itu sangat berpotensi, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," Ujarnya.

 

Namun yang juga harus dilakukan adalah adanya makanan dan minuman khas daerah, yang harus disediakan untuk pengunjung sebagai oleh-oleh oleh para Wisatawan nantinya," Ujarnya lagi.

 

Selain itu, Katanya, Fasilitas dan pendukung serta promosi wisata juga perlu dilakukan secara maksimal. Untuk itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi harus dapat bekerja sama dengan dinas terkait (Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau), Pihak Swasta. "Agar sejumlah Objek Wisata lokal lebih dikenal secara luas, sehingga jumlah kunjungan para Wisatawan, baik Regional maupun Internasional, bisa  lebih banyak lagi setiap tahunnya," Tambahnya.

 

Jika hal tersebut sudah dilakukan, dirinya sangat optimis, kedepan Kuansing menjadi salah satu Daerah Tujuan Wisata (DTW) Nasional bahkan dunia. Namun untuk mencapai itu, sangat penting peran serta semua pihak termasuk masyarakat. " Masyarakat harus memberikan pelayanan terbaik, agar wisatawan merasa betah, aman," Tambahnya.

Sinergitas semua pihak harus benar -benar terwujud, karena Provinsi tidak membangun fasilitas, hanya ikut mempromosikan dan menyebarluaskan, agar lebih dikenal. Oleh karena itu, Peran aktif Pemkab Kuansing, itulah kunci utamanya, tiap tahun harus menganggarkan dana untuk peningkatan fasilitas, terutama jalan menuju objek wisata dan ada tempat permainan yang baik, tempat duduk, rumah ibadah bahkan WC yang terjamin kebersihannya," Tukasnya. (ndi)