Peletakan Batu Pertama Gedung Asrama Terpadu MAN 1 Kuansing, Dihadiri Pjs Bupati Kuansing

Peletakan Batu Pertama Gedung Asrama Terpadu MAN 1 Kuansing, Dihadiri Pjs Bupati Kuansing

30 September 2020
Kakanwil Kemenag bersama Pjs Bupati Kuansing, Kakan Kemenag Kuansing saat peletakan batu pertama pembangunan Asrama MAN 1 Kuansing/R24

Kakanwil Kemenag bersama Pjs Bupati Kuansing, Kakan Kemenag Kuansing saat peletakan batu pertama pembangunan Asrama MAN 1 Kuansing/R24

RIAU1.COM -Kuansing - MAN 1 Kuantan Singingi Provinsi Riau, memperoleh bantuan Dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dari Kementrian Agama Pusat pada Tahun 2020, yang dipergunakan untuk pembangunan Asrama Terpadu di MAN 1 Kuansing tersebut.

Oleh karena itu, untuk peletakan batu pertama pembangunan Asrama Terpadu MAN 1 Kuansing, melalui dana SBSN Pusat dilakukan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Riau Dr. H. Mahyudin, MA, Senin (28/9) kemaren.

Kakanwil Kemenag Provinsi Riau di dampingi Pjs Bupati Kuansing, Roni Rakhmat, S.STP, M.Si, Sekda Kuansing DR. H. Dianto Mampanini, SE, MT, Kabid Madrasah Kemenag Riau, Drs. Asmuni, MA, Kakan Kemenag Kuansing Drs. H.Jisman, MA, Ketua Komite Madrasah DR. H. Agus Mandar, M.Si, Kabag dan Camat serta KaSubbag TU, para Kasi dan Pengurus Komite serta Kades Beringin Bamba Rianto.

Kepala MAN 1 Kuansing Suhelmon, MA dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kakanwil Kemenag Provinsi Riau, Pjs. Bupati Kuansing, Sekda, Kabid Madrasah, Kakan Kemenag Kuansing, Ketua Komite, Pejabat dilingkungan Pemda dan pejabat dilingkungan Kantor Kemenag Kuansing. 

Semoga Pembangunan dana SBSN Tahun 2020 berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya, karena MAN 1 tersedia lahan maupun berazam untuk memajukan kualitas MAN ke depan. "MAN tidak hanya mempersiapkan siswa untuk mampu berdiri di mimbar, namun juga mampu menyelamatkan urusan alam dunia, ini dibuktikan alumni kita sudah banyak yang melanjutkan pendidikannya ke luar negeri. Seperti Sudan, Turki, Malaysia, bahkan Tahun 2020 satu orang siswa kita lolos beasiswa ke Rusia dengan jurusan Teknologi Nuklir," Ujar Kepala MAN 1 Kuansing.

Sementara Kakan Kemenag Kuansing, Drs. H. Jisman MA menyebutkan Walau secara tanggung jawab pembangunan ini tidak langsung ke Kakankemenag, namun juga mempunyai tanggung jawab moril dalam pembangunan asrama terpadu MAN 1 Kuansing ini. " Saya berharap semoga bisa berjalan lancar dan dapat bermanfaat untuk anak-anak, khusus jurusan program Keagamaan nanti," Tuturnya.

Sementara Kakanwil Kemenag Provinsi Riau Dr. H. Mahyudin, MA mengatakan bahwa Untuk memperoleh pembangunan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) itu tidak mudah, namun butuh perjuangan dan prestasi yang dihasilkan Kementerian Agama di tingkat Nasional. Karena Kementerian Agama sudah dapat berbicara ditingkat nasional bahkan internasional, termasuk MAN 1 Kuansing yang terkenal dengan Kampung Inggrisnya. Sehingga menjadi pembicaraan Kementerian Agama Pusat, maka Alhamdulillah Riau selalu dapat dana SBSN," Ujarnya.

"Semoga Pembangunan Asrama MAN 1 ini bermanfaat menjadi amal jahriyah bagi kita, warga madrasah, masyarakat, bahkan bagi pemborong karena jika membangun di Kementerian Agama pemborong akan mendapat dua, Pertama sebagian rezeki, Kedua jika ikhlas mengerjakannya tentu akan dapat pahala untuk bekal akhirat nanti," imbuhnya

Pjs Bupati Kuansing, Roni Rahmat juga memberikan motivasi dan semangat. "Terkhusus untuk Kementerian Agama, karena sangat besar perannya dalam memajukan pembangunan, terutama untuk daerah kita Riau dan Kuansing Khususnya". (ndi)