Dengan Pola Tanam Jajar Legowo, Bupati Lakukan Penyemaian Perdana di Hamparan Desa Kinali

Dengan Pola Tanam Jajar Legowo, Bupati Lakukan Penyemaian Perdana di Hamparan Desa Kinali

2 Juli 2020
Bupati Kuansing H. Mursini melakukan Penyemaian Perdana di Hamparan Desa Kinali/R24

Bupati Kuansing H. Mursini melakukan Penyemaian Perdana di Hamparan Desa Kinali/R24

RIAU1.COM -Kuansing - Menghadapi musim tanam pada 2020 di Kabupaten Kuantan Singingi, yang akan dilakukan secara serentak pada bulan juli ini. Yang diikuti sebelas Kecamatan yakni Kecamatan Kuantan Mudik, Hulu Kuantan, Gunung Toar, Kuantan Tengah, Sentajo Raya, Benai, Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Inuman, Cerenti dan Singingi.

Untuk menghadapi musim tanam tersebut, para petani Kecamatan Kuantan Mudik khususnya Desa Kinali melakukan penyemaian perdana benih padi, yang dilakukan secara langsung oleh Bupati Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini, M.Si bertempat di Lahan Kelompok Tani Desa Kinali, Rabu (1/7).

Dihadiri langsung Bupati H. Mursini, Kepala Dinas Pertanian Ir. Emmerson, Kepala Badan dan Kepala Dinas, Asisten, Kepala Bagian, Camat diwakili Sekcam Denta Mariyon, S.Sos, Kapolsek, Danramil Kuantan Mudik, Uptd Pertanian, Kades Kinali, Tokoh Masyarakat, dan ratusan masyarakat Desa Kinali.

Bupati Kuansing Drs. H. Mursini, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa penyemaian benih padi yang dilakukan hari ini, berasal dari Dana Desa (DD) Desa Kinali yang setiap Kepala Keluarga memperoleh dua kampit (kantong benih padi) dan pupuk urea satu karung.

Pada kesempatan tersebut, Bupati mengajak para petani Desa Kinali khususnya Kuantan Mudik dan Kuantan Singingi pada umumnya, untuk dapat melakukan penanaman padi melalui pola tanam Jajar Legowo. Karena hasilnya lebih baik dan meningkat produksi padi dari pada tanam biasa.

" Saya mengajak para petani di Desa Kinali, khususnya Kecamatan Kuantan Mudik. Untuk dapat melakukan penanaman padi dengan pola tanam Jajar Legowo," Ujarnya.

Bupati berharap agar petani melakukan tanaman padi dua kali setahun, karena hasilnya sangat memuaskan dan bisa lebih baik dari menanam sawit...

Sementara Kepala Desa Kinali, Ahmad Sukanela dihadapan Bupati Kuansing H. Mursini menyampaikan usulan pembangunan yaitu 
1. Pengaspalan jalan Desa Kinali
2. Pembangunan Turap Tebing Sianok (saat ini telah runtuh). (ndi)