Ritus Tergerus Rakus Ciptaan Seniman Asal Kuansing, Riau

Ritus Tergerus Rakus Ciptaan Seniman Asal Kuansing, Riau

18 Juni 2020
Seniman Epi Martison, yang juga Dosen dari Institut Kesenian Jakarta/R24

Seniman Epi Martison, yang juga Dosen dari Institut Kesenian Jakarta/R24

RIAU1.COM -Kuansing - Seorang seniman asal Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Epi Martison yang juga sebagai Dosen di Institut Kesenian Jakarta, ternyata telah berhasil menciptakan sebuah karya seni Ritus Tergerus Rakus.

Ritus Tergerus Rakus ini, katanya, terinsfirasi dari mantra mantra dan suasana dukun menerawang, memohon, meraung, memuja, meminta minta, saat upacara ritual mencari dan menebang pohon untuk kayu jalur. " Jadi ini dilakukan antara doa dan lolongan," Ujarnya.

Ritus Tergerus Rakus merupakan sebuah karya seni ciptaan, yang telah dapat dapat ditonton dan bisa di Klik di YouTube. Bahkan juga sudah ada di Galeri Indonesia kaya judul ritus tergerus rakus versi yang ke 4.

" Ini proses kreatif pembuatan Koreografi Ritus tergerus rakus, yang karya ini sudah ada lima versi," Ungkapnya kepada Riau24.Com, Rabu (17/6).

Loading...

Dikatakannya, untuk versi pertama, telah dilakukan show di Gedung Pertunjukan RC Institut Kesenian Jakarta. Pada Versi kedua, juga telah dilakukan kemasan untuk show di Anugerah Puisi Indonesia (Ditampilkan pada hari Puisi Nasional di Taman Ismail Marzuki) Jakarta.

Sedangkan versi ketiga, telah dilakukan Show di Gedung Kesenian Idrus Tintin, Pasar tari kontemporer Pekanbaru Riau, dan pada versi keempat, juga telah dilakukan kemasan untuk show di Galeri Indonesia kaya, serta versi kelima dilakukan kemasan untuk show, di ajang gelar karya Dies Natalis Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang Provinsi Sumatera Barat," Tukasnya. (ndi)