Pemkab Kuansing Akan Berikan BLT untuk warga Terdampak Corona

Pemkab Kuansing Akan Berikan BLT untuk warga Terdampak Corona

7 April 2020
Bupati Kuansing melakukan rapat koordinasi dengan gugus tugas/R24

Bupati Kuansing melakukan rapat koordinasi dengan gugus tugas/R24

RIAU1.COM -Kuansing - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat yang terdampak pandemi virus corona atau Covid-19.

"Kita sudah bicarakan stimulus untuk masyarakat, berupa BLT. Tidak semua masyarakat yang mendapatkannya. Kalau sudah menerima PKH, mereka tak dapat lagi," Ungkap Bupati Kuansing Drs. H. Mursini, MSi, didampingi Sekda DR. H. Dianto Mampanini, SE. MT usai Rapat bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kuansing, Senin (6/4) siang.

Menurutnya, Pada dasarnya, BLT akan diberikan kepada masyarakat yang tidak masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT). Dari segi pekerjaan, seperti petani, tukang ojek dan pedagang kecil. "Seperti tukang ojek yang setiap hari ngojek. Sejak pandemi corona, penumpang sepi. Begitu juga dengan pedagang di pasar, dagangannya tidak laku. Petani karet, harga karet yang turun. Nah, seperti itu yang akan kita stimulus," Ujarnya.

Dijelaskannya, Saat ini Pemkab Kuansing masih merampungkan seluruh anggaran, yang akan digunakan untuk penanganan Covid-19. Begitu juga dengan data-data masyarakat yang akan menerima BLT. "Targetnya dalam minggu ini selesai, sehingga pada minggu depan anggaran sudah bisa digunakan," Imbuhnya.

Pemkab Kuansing menganggarkan Rp 49 Milyar untuk penanganan Covid-19, anggaran tersebut tidak hanya untuk pencegahan, tapi juga membantu masyarakat," Tambahnya.

Sebelumnya, Sekda menyatakan ada Rp20 Milyar yang disiapkan untuk bantuan kepada masyarakat Kuansing, dalam kurun waktu tiga bulan. " Dimana, ada 23 ribu KK yang akan mendapat bantuan dari Pemkab Kuansing," Tukasnya. (ndi)