Di Kuansing Belum ada PDP, 29 Orang Dalam Pengawasan (ODP)

Di Kuansing Belum ada PDP, 29 Orang Dalam Pengawasan (ODP)

26 Maret 2020
corona ilustrasi

corona ilustrasi

RIAU1.COM -Kuansing - Sampai kini, sudah 29 Orang Warga Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) Virus Corona, yang beberapa waktu lalu hanya sekitar 14 orang, dan berarti meningkat dua kali lipat.

" Data terakhir sekitar 29 orang, dan Syukur Alhamdulillah belum ada yang berstatus PDP dan Positif terkena Virus Corona," Ungkap Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuantan Singingi, Helmi Ruspadi, M.Ph kepada wartawan Kuansing, Rabu (25/3) malam.

Menurutnya, Sebaran warga yang berstatus ODP juga meningkat dilihat dari jumlah kecamatan, karena tersebar di sembilan kecamatan. " Sebarannya di sembilan kecamatan, dan terbanyak Kecamatan Kuantan Tengah berstatus ODP Kuantan Tengah," Ujarnya.

Sementara enam kecamatan yang belum ada warganya berstatus ODP, yakni Kecamatan Kuantan Hilir, Benai, Inuman, Hulu Kuantan, Pucuk Rantau dan Logas Tanah Darat. "Penyebab warga bersatus ODP, diakibatkan baru datang dari luar negeri, serta keluarga yang kontak dengan mereka," Ujarnya lagi.

Pada kesempatan tersebut, Helmi meminta kepada warga yang ingin melapor kasus Corona, disarankan langsung ke petugas kesehatan yang ada di desa atau ke Puskesmas terdekat. " Hasil observasi, akan menentukan tindakan lanjutan yang akan dilakukan," Tambahnya.

Mereka yang berstatus ODP, dipantau secara maksimal oleh petugas kesehatan. " Tetapi yang berstatus ODP, belum tentu positif terjangkit virus Corona," Imbaunya sambil meminta kepada masyarakat untuk mematuhi pemerintah imbauan soal pencegahan virus ini. (Zar)