Venue Dayung Kebun Nopi Eks PON Riau jadi Destinasi Wisata Kekinian di Kuansing

Venue Dayung Kebun Nopi Eks PON Riau jadi Destinasi Wisata Kekinian di Kuansing

31 Desember 2019
Sejumlah masyarakat berekreasi di venue dayung eks PON Riau di Kebun Nopi Kuansing

Sejumlah masyarakat berekreasi di venue dayung eks PON Riau di Kebun Nopi Kuansing

RIAU1.COM - Venue cabang olahraga (cabor) dayung di Kebun Nopi, Desa Bukit Pedusunan, Kecamatan Kuantan Mudik kini menjadi salah satu destinasi wisata kekinian di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Saat momen libur sekolah dan tahun baru ini, banyak masyarakat setempat maupun dari luar daerah yang datang untuk berlibur bersama keluarga di venue yang sempat vakum pada tahun 2015 lalu akibat bocornya dam.

"Padahal dulunya venue dayung Kebun Nopi tempat PON Riau 2012 lalu, dan Alhamdulillah telah dimanfaatkan kembali oleh masyarakat sebagai tempat wisata," kata Kades Bukit Pedusunan, Basuryata, Selasa 31 Desember 2019.

Basuryata mengakui masih minimnya sarana dan prasarana di venue dayung Kebun Nopi ini, dan mestinya Dispar Kuansing harus menambahnya, agar venue ini benar-benar menjadi tempat rekreasi yang menarik.

"Seperti menambah jumlah kereta air, speedboat, kolam mandi anak-anak dan kamar ganti dan jembatan gantung di tengah danau. Tujuannya untuk lebih menarik, bagi para pengunjung," harapnya.

Loading...

"Saat ini pengelolaan venue dayung Kebun Nopi ini, masih berada di Dispar dan belum diserahkan ke Desa. Jika sudah diserahkan, tentu bisa dijadikan Bumdes," sambungnya.

Ia juga berharap, menjelang Porprov Riau tahun 2021 mendatang venue dayung Kebun Nopi dapat dijadikan sebagai arena rekreasi bagi masyarakat.