Resmikan Gedung Rawat Inap UPT Puskesmas Gunung Toar, Ini Pesan Bupati Kuansing Mursini

Resmikan Gedung Rawat Inap UPT Puskesmas Gunung Toar, Ini Pesan Bupati Kuansing Mursini

2 Desember 2019
Bupati Kuansing, Mursini meresmikan gedung rawat inap UPT Puskesmas Gunung Toar

Bupati Kuansing, Mursini meresmikan gedung rawat inap UPT Puskesmas Gunung Toar

RIAU1.COM - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Mursini meresmikan Gedung Rawat Inap UPT Puskesmas Kecamatan Gunung Toar.

Karena Pemda telah merevitalisasi Gedung Puskesmas dan meningkatkan status UPTD Kesehatan Puskesmas, dari Rawat Jalan menjadi Rawat Inap.

Menurut Bupati, UPTD Gunung Toar memiliki andil cukup besar, karena dapat menurunkan jumlah kematian serta meningkatkan cakupan program pelayanan kesehatan, secara keseluruhan melalui upaya promotif dan preventif serta memberdayakan masyarakat.

Bupati menytakan, untuk meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan, Meningkatkan sarana dan prasarana bidang kesehatan, Distribusi Bidan Desa ke seluruh desa di Kuansing, dan adanya jaminan persalinan.

Maka, Germas yang sudah dicanangkan tahun 2017 lalu, dan juga sudah memiliki Forum Germas. Diikuti pula 'Sosialisasi Kabupaten Kota Sehat, Akreditasi Puskesmas dan berbagai macam Program', lainnya dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Namun masih banyak yang harus dibenahi karena masih ada, Kematian Ibu sebanyak 9 Kasus, Kematian Bayi sebanyak 63 Kasus, Kematian Balita sebanyak 5 Kasus dengan Gizi kurang, dan Gizi Buruk ada 5 Kasus serta Stunting sebanyak 18 Persen.

Hal ini disebabkan, belum seluruh pertolongan persalinan dilaksanakan oleh Tenaga Kesehatan dan difasilitasi kesehatan.

Masih banyak pertolongan dilakukan oleh yang tidak terampil, termasuk di Gunung Toar ini. "Tahun ini saja ada 22 Persalinan, yang ditolong oleh Tenaga yang tidak terampil," ungkapnya.

Padahal semua desa harus sudah mencapai Imunisasi Dasar Lengkap (UCL) sebesar 80 Persen, dan belum semua desa memiliki ODF/ Stop BABS," tukasnya.