Sosialisasi Sekolah Ramah Anak, Sekdakab Kuansing: Harus Bebas Hinaan dan Bullying

Sosialisasi Sekolah Ramah Anak, Sekdakab Kuansing: Harus Bebas Hinaan dan Bullying

27 September 2019
Sosialisasi sekolah ramah anak di Kuansing

Sosialisasi sekolah ramah anak di Kuansing

RIAU1.COM - Dalam memenuhi kebutuhan hak dan perlindungan terhadap anak, khususnya bidang pendidikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuantan Singingi (Kuansing) memberikan sosialiasasi sekolah ramah anak, di beberapa sekolah-sekolah yang ada di Kuansing.

Dengan adanya sosialisasi ini, sekolah dapat memperoleh pemahaman bagaimana cara menciptakan sekolah, yang betul-betul layak dan ramah bagi anak didik.

"Karenanya, saya minta setiap sekolah yang mengikuti sosialisasi ini dapat mengikuti kegiatan sebaik mungkin," ujar Setdakab Kuansing, Dianto Mampanini ketika membuka sosialisasi Sekolah Ramah Anak di Balai Diklat Teluk Kuantan, Kamis 26 September 2019.

"Sehingga nantinya bisa menjadi sekolah-sekolah yang ramah anak dan unggulan di Kuansing, dan juga bisa menjadi contoh bagi sekolahnlainnya di daerah kita," sambungnya.

Dianto menuturkan, guna menciptakan lingkungan sekolah yang ramah dan layak bagi anak, di sekolah harus bisa tercipta situasi dan kondisi yang aman bagi anak didik. "Selanjutnya, di sekolah anak-anak harus mendapatkan kasih sayang yang wajar dari orang dewasa yang berada di sekolah," sebutnya.

Kemudian, di sekolah juga harus tercipta nilai-nilai persaudaraan antar peserta didik sehingga saling menghargai dan menghormati. Serta harus bebas dari bullying psikologis dan perpeloncoan orang dewasa ataupun peserta didik lainnya.

"Begitu juga di sekolah, harus bebas dari hinaan, penganiayaan dan ejekan dari sesama psesrta didik lainnya. Diharapkan, setiap sekolah yang mengikuti sosialiasi ini akan menjadi contoh bagi sekolah yang lainnya," pungkasnya.