Gemarikan, Bupati Mursini Ajak Masyarakat Kuansing Rutin Makan Ikan

Gemarikan, Bupati Mursini Ajak Masyarakat Kuansing Rutin Makan Ikan

25 September 2019
Bupati Kuansing, Mursini

Bupati Kuansing, Mursini

RIAU1.COM - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Mursini bersama Kabid Forikan Dinas Perikanan Riau Yon Azhari, Ketua TP PKK Kuansing Emi Mursini, Kadis Perikanan Febri Komara, Kadis Kominfo Syamsir Alam, menghadiri kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) yang ditaja Forikan yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kecamatan Benai, Selasa 24 September 2019.

Kabid Forikan Dinas Perikanan Riau, Yon Azhari mengatakan, kegiatan yang diadakan di Kuansing ini, merupakan kabupaten keempat di Riau, sebelumnya diadakan di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Dijelaskan Yon Azhari, sasaran utama adalah anak-anak sekolah, karena dalam gerakan tahun 2004 sudah dicanangkan agar mengutamakan giat makan ikan kepada anak-anak.

"Giat makan ikan ini dimulai pada masa dalam kandungan, agar generasi Indonesia semakin cerdas, kuat dan berimajinasi kedepannya dengan mengkosumsi ikan," jelasnya.

Bupati Kuansing, Mursini menyampaikan, pentingnya makan ikan sejak usia dini, dan mengimbau seluruh masyarakat, terutama anak usia dini agar lebih sering mengkosumsi ikan.

"Karena pada ikan banyak mengandung protein, vitamin, dan mineral," ujar Bupati Kuansing, Mursini disela-sela kegiatan Gemarikan tersebut.

Loading...

Mursini melanjutkna, saat ini elemen masyarakat telah menyadari makan ikan dari laut dan air tawar lebih baik nilai gizinya. Namun, hanya orang di pesisir yang gemar makan ikan laut.

"Orang di daerah pedalaman jarang mengkonsumsi ikan laut, mungkin karena kesegarannya kurang terjamin, sehingga bisa mengubah rasa ikan tersebut," ungkapnya.

"Di daerah pedalaman yang ada sungai, empang, dan danau tentu banyak ikan air tawar yang tidak kalah nilai proteinnya dan juga bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh," pungkasnya.