Kocak! Ketika Polisi Heroik Gemetaran Diajak Duduk Sebelahan hingga Diusap Keringatnya oleh Kapolda Riau Irjen Iqbal, : Saya Grogi Pak

Kocak! Ketika Polisi Heroik Gemetaran Diajak Duduk Sebelahan hingga Diusap Keringatnya oleh Kapolda Riau Irjen Iqbal, : Saya Grogi Pak

7 Februari 2022
Momen ketika Kapolda Riau Irjen Iqbal menyeka keringat di dahi Bripka Oktavianus Yusbar.

Momen ketika Kapolda Riau Irjen Iqbal menyeka keringat di dahi Bripka Oktavianus Yusbar.

RIAU1.COM -Bripka Oktavianus Yusbar, anggota Polsek Tenayan Raya Kota Pekanbaru mendapat penghargaan khusus dari Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal atas keberaniannya melindungi masyarakat, di mana ia membekuk dua penjambret sekaligus yang berusaha kabur. Dengan heroiknya, Okta nekat menabrakkan diri hingga ia dan kedua pelaku tersungkur ke aspal lalu mengamankan keduanya dengan tangan kosong.

Aksi heroik Bripka Oktavianus ini pun viral dan banyak yang memuji keberaniannya. Ia dinilai sigap merespon dan cermat bertindak begitu mendengar ada teriakan warga yang minta tolong di jalan. Kini, kedua pelaku sudah ditahan di Mapolsek Tenayan Raya atas penjambretan tersebut, bahkan salahseorangnya merupakan residivis dan keduanya dinyatakan positif urinenya mengandung zat Narkotika.

Kesigapan Bripka Okta saat menghadapi dua penjambret patut diacungi jempol. Bahkan Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal pada Senin 7 Februari 2022 pagi mendatangi Mapolsek Tenayan Raya untuk menemui anggotanya ini. Bukan itu saja, jenderal bintang dua tersebut juga menyerahkan penghargaan khusus kepada Okta, karena dianggap sebagai polisi yang melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat dengan jiwa raganya.

"Saya datang ke sini untuk menyapa sahabat saya, Oktavianus. Apa yang dilakukannya patut diacungi jempol dan saya harap bisa menjadi suri tauladan bagi seluruh polisi di Riau. Ada 10.600 lebih personel kita, mereka harus mencontoh Oktavianus," Ungkap Irjen Pol Mohammad Iqbal kepada awak media.

Seketika itu tiba-tiba Kapolda Riau memanggil Bripka Oktavianus yang tengah berdiri bersama polisi lainnya, persis saat sedang fokus-fokusnya menyimak penyampaian Irjen Iqbal. Ia kaget begitu mendengar namanya dipanggil oleh Kapolda Riau. Bahkan jenderal bintang dua ini meminta Bripka Okta agar bisa duduk di sebelahnya untuk mendampingi.

Seketika itu Bripka Okta kaget. Ragu dan sungkan terlihat dari gerak tubuhnya, namun bagaimana lagi, karena perintah dari pimpinannya. Setelah dalam posisi duduk, keringat pun seketika mengucur di wajah Oktavianus. Melihat itu, Kapolda Riau langsung mengambil tisu yang ada di meja lalu dengan spontan mengusap dahi anggotanya tersebut.

Bripka Okta makin deg-degan, apalagi yang duduk di sampingnya tidak cuma Kapolda Riau saja, melainkan sejumlah pejabat utama di Polda Riau berpangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes) antara lain Irwasda, Karo SDM, Kabid Propam, Kabid Humas serta Kapolresta Pekanbaru. Ini membuat Bripka Oktavianus tampak sedikit tegang selama sesi konfrensi pers dengan awak media.

"Dengan instingnya, jiwa raganya, meski tahu apapun resiko dan hal yang terjadi, dia (Oktavianus) rela berikan demi kemanusiaan. Dua sekaligus pelaku berhasil ditangkap, dan itu lengkap dengan barang buktinya. Ini yang membuat saya hadir di sini untuk memberikan reward (Penghargaan) kepadanya," puji Irjen Iqbal dihadapan Bripka Oktavianus.

Tidak cuma memuji dan memberikan penghargaan, Kapolda Riau juga berjanji memberikan 'tiket' khusus untuk Bripka Oktavianus Yusbar. Tak ayal, polisi pemberani ini langsung luluh haru, matanya tampak berkaca-kaca. Bahkan saat menerima piagam penghargaan dan medali, tangan Oktavianus gemetaran.

"Pendidikan pengembangan saya akan berikan rekomendasi khusus untuknya. Saya titip kepadanya agar terus berlatih, bekerja dengan baik, mengayomi, melindungi masyarakat di mana pun berada," harap Irjen Iqbal. Tentunya 'tiket pendidikan' ini penting bagi seorang polisi dalam mengembangkan karir dan kepangkatan, apalagi mendapat rekomendasi khusus dari seorang Kapolda.

Bripka Oktavianus pun bersyukur atas reward itu. "Ini anugrah bagi saya sebagai polisi. Kami siap berkorban jiwa raga demi masyarakat untuk menciptakan rasa aman. Terimakasih Pak Kapolda. Saya selalu disarankan oleh pimpinan agar bekerja ikhlas melayani masyarakat," ungkap Oktavianus.

Bahkan dengan polosnya ia mengatakan, merasa grogi saat diajak duduk bersebelahan dengan pimpinannya, Kapolda Riau Irjen Iqbal. "Siap! Saya grogi pak, bisa duduk bersama Bapak kapolda Riau," jawabnya saat ditanya wartawan, kenapa ia gemetaran hingga berkeringat. Jawaban Okta membuat gelak tawa orang yang hadir.

Kapolda juga sempat menanyakan kondisi Bripka Oktavianus yang sempat cidera usai aksinya meringkus dua penjambret tersebut. "Kaki alhamdulillah sudah pulih, memang masih ada nyeri saat ditekuk," jawabnya.