Culik WNA Asal Inggris, 4 Polisi Ditangkap Tim Buser Polda Metro Jaya

Culik WNA Asal Inggris, 4 Polisi Ditangkap Tim Buser Polda Metro Jaya

3 November 2019
Ilustrasi polisi. Foto: Kumparan.com.

Ilustrasi polisi. Foto: Kumparan.com.

RIAU1.COM -Empat oknum anggota Polri terlibat kasus penculikan dan pemerasan terhadap WN Inggris, Matthew Simon Craib.

Dilansir dari Kumparan.com, Minggu (3/11/2019), empat oknum polisi tersebut adalah Bripda Julia Bita Bangapadang, Bripda Nugroho Putro Utomo, Briptu Herodotus, dan Bripda Sandika Bayu Segara. Keempatnya kini sudah ditangkap.

Kadiv Propam Polri, Irjen Listyo Sigit, membenarkan ada anggota Polri yang terlibat. Kasus tersebut tertuang dalam laporan polisi bernomor LP/7002/X/2019/PMJ/Ditreskrimum tertanggal 31 Oktober 2019.

“Ditangani Resmob Polda Metro, untuk pelanggaran disiplin dan kode etik ditangani Propam Metro, setelah proses penanganan pidana berkasnya selesai,” katanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kumparan, kasus itu berawal saat korban, Matthew Simon Craib, memberitahukan rekannya berinisial VL, akan pergi ke suatu lokasi pada Selasa (29/10/2019). Namun pada esok harinya, Rabu (30/10), Matthew memberi tahu VL bahwa ia diculik dan diperas oleh seseorang berinisial G.

Loading...

Dalam menjalankan aksinya, G diduga dibantu pacarnya berinisial NA, serta dibantu oleh empat oknum anggota Polri. G merupakan rekan Matthew.

Mengetahui rekannya diculik, VL lalu membuat laporkan ke kantor polisi pada Kamis (31/10/2019) di Polda Metro Jaya. Lalu sekitar pukul 13.00 WIB, polisi membekuk para pelaku di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Hingga kini, motif penculikan dan pemerasan itu belum diketahui. Polisi masih memeriksa G dan NA, serta keempat oknum anggota Polri tersebut. Pihak Polda Metro Jaya juga belum mau berkomentar terkait adanya kasus tersebut.