Baru Tahun Ini Kepri Ditargetkan Miliki Database Jalan Provinsi

Baru Tahun Ini Kepri Ditargetkan Miliki Database Jalan Provinsi

5 September 2022
Salah satu ruas jalan di Kepri

Salah satu ruas jalan di Kepri

RIAU1.COM - Penyusunan database Jalan Provinsi diakui Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda) Provinsi Kepri sedang digesa.

Pekerjaan ditargetkan rampung pada tahun 2022 ini, yang ditetapkan lewat Surat Keputusan Gubernur.

“Penyusunan database sebagai tindaklajut atas terbitnya, Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 430/KPTS/M/2022 Tentang Penetapan Ruas Jalan Dalam Jaringan Primer Menurut Fungsinya Sebagai Jalan Arteri Primer (JAP) dan Jalan Kolektor Primer-1 (JKP-1),” kata Kepala Bappeda Provinsi Kepri, Andri Rizal, Ahad (4/9) di Tanjungpinang seperti dimuat Batampos.

Kemudian Andri menjelaskan, sebagai tindaklanjut diperlukan penegasan ruas-ruas Jalan Provinsi di Kabupaten/Kota dalam Provinsi Kepri. Status tersebut akan ditetapkan lewat SK Gubernur.

“Target kita adalah pada tahun ini, Pemprov Kepri sudah memiliki database lengkap tentang ruas jalan provinsi di Kabupaten/Kota,” jelasnya.

Menurutnya, Bappeda Provinsi Kepri sudah mengggelar rapat finalisasi dengan pihak-pihak terkait. Diantaranya adalah Balai Pelaksaan Jalan Nasional (BPJN), Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPP) Provinsi Kepri, Bappeda Kabupaten/Kota, Dinas PU Kabupaten/Kota, Dinas Perhubungan Provinsi, dan Dishub Kabupaten/Kota.

“Pengusulan Ruas Jalan Provinsi dari Kabupaten/Kota dengan memperhatikan readiness kriteria yang ditetapkan. Selain itu adalah memperhatikan kondisi jalan yang ada, sehingga dapat dijadikan acuan penyusunan database ini,” tutupnya.

Loading...

Sebelumnya, jalan berkondisi baik merupakan salah satu sasaran yang termuat dalam RPJMD Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021–2026. Untuk mencapai sasaran meningkatnya panjang Jalan Provinsi dalam kondisi baik, BPK mengukur lewat indikator kinerja berupa persentase jalan provinsi berkondisi baik. Dengan ididkator tersebut, BPK menyimpukan bawah persentase jalan provinsi berkondisi di Provinsi Kepri pada tahun 2021 lalu 76,38 persen dari target yang ditetapkan 75,00 persen atau reliasinya sebesar 101,83 persen

Berdasarkan data yang dicantumkan BPK dalam laporannya, jumlah jalan provinsi tercatat sepanjang 896,45 km. Adapun jalan provinsi yang berkondisi baik yakni 684,67 km. Sedangkan jalan provinsi yang tidak berkondisi baik atau rusak adalah sepanjang 211,78 km.

Masih dari data BPK, kondisi ruas jalan menurut statusnya sebagai jalan Provinsi Kepri yang telah diperbaiki, ditingkatkan, dan dibangun melalui APBD Provinsi maupun Dana Alokasi Khusus (DAK) sepanjang 16.762 km melalui Program Penyelenggaraan Jalan Provinsi. 

Sejak tahun 2016 sampai dengan sekarang (akhir tahun 2021 lalu, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Provinsi Kepri telah memperbaiki ruas jalan provinsi menjadi berkondisi baik sepanjang 99,96 km.*