Bayar Retribusi Sampah di Batam Kini Bisa Secara Online

Bayar Retribusi Sampah di Batam Kini Bisa Secara Online

17 Juli 2022
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Inovasi dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam dalam meningkatkan pelayanan kebersihan, salah satunya dengan memaksimalkan pelayanan pembayaran objek retribusi sampah secara online atau non tunai berbasis kode batang atau barcode.

Kepala DLH Kota Batam Herman Rozie melalui Kabid Pengelolaan Sampah DLH Batam, Faisal Novrieco seperti dimuat Batampos mengatakan, sejumlah perumahan di wilayah Sagulung dan Batu Aji saat ini sudah menerapkan sistem barcode untuk penerimaan retribusi sampah.

“Beberapa perumahan di wilayah Sekupang, Lubuk Baja, Batam Kota hingga Sagulung dan Batu Aji sudah terlayani retribusi dengan barcode. Memang belum semua perumahan, namun ini akan terus kita maksimalkan secara bertahap,” ujar Faisal, Ahad (17/7/2022).

Faisal menyebutkan, pihaknya terus mendorong pembayaran retribusi sampah melalui online atau non tunai.

Seperti halnya uang elektronik atau e-money. Meski masyarakat Kota Batam masih meminati pembayaran tunai untuk bertransaksi.

Loading...

“Karakter masyarakat kita (Batam,red) masih menyukai transaksi tunai, secara perlahan hal ini akan kita berlakukan pembayaran retribusi sampah secara online, sama seperti halnya kita masuk tol ada uang elektronik dulu,” ucap Faisal.

“Apabila pelayanan sampah semakin baik, tentu kesadaran warga membayar retribusi akan semakin tinggi,” sambung dia.*