Arus Balik di Pelabuhan Domestik Sekupang Lancar

Arus Balik di Pelabuhan Domestik Sekupang Lancar

8 Mei 2022
Pelabuhan Sekupang

Pelabuhan Sekupang

RIAU1.COM - Puncak arus balik Lebaran tahun 2022 di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) telah terjadi pada Jumat (6/5). Tercatat sebanyak 4.753 pemudik datang ke Batam melalui PDS pada Jumat (6/5). Sementara pada Sabtu (7/5), Syahbandar PDS mencatat ada 5.513 penumpang.

“Ya sejak Jumat jumlah penumpang arus balik lebaran terus mengalami peningkatan. Puncaknya kita prediksi hari ini, Minggu (8/5),” ujar Kepala Pos KSOP PDS Samosir Pasaroan, Ahad (8/5) seperti dimuat Batampos.

Kepala Pengelola PDS Dirman menambahkan, guna mengantisifasi terjadinya lonjakan arus balik, pihaknya melakukan koordinasi lintas sektor yang ada di pelabuhan. Selain itu otoritas manajemen Pelabuhan Fery Domestik Sekupang juga bersiap menyambut puncak arus balik hari raya Lebaran ini.

“Persiapan telah kita lakukan manajemen pelabuhan, termasuk menyiagakan personel di pintu kedatangan,” ungkap Dirman.

Ditambahnya, sejak Jumat (6/5) arus balik mudik Lebaran mulai terlihat di pelabuhan. Berbeda dengan arus mudik, lanjut Dirman, pada arus balik ini petugas tidak begitu sibuk. Karena sifatnya penumpang datang. “Paling kita perbantukan pintu kedatangan agar tidak menumpuk. Termasuk parkiran dan lalu lintas jalan ditertibkan supaya tak antre panjang,” ucap Dirman.

Di PDS arus balik mengalami peningkatan sejak pagi, Minggu (8/5). Kendati demikian, kondisi terpantau masih cukup lancar.

Para pemudik pun memberikan apresiasi terkait masih lancarnya arus balik di PDS ini. Anton, salah seorang pemudik yang kembali ke Dumai bersama istri dan anaknya mengaku antrean hanya terjadi saat akan naik kapal di pelabuhan.

“Alhamdulillah selama perjalanan lancar,” ujarnya.

Hal senada pun diungkapkan Budi. Ia bersama istri dan anaknya memilih kembali dari Padang ke Batam melalui jalur laut di PDS. “Sampai di Batam alhamdulilah tidak ada penumpukan atau antrean panjang,” ujarnya.

Selain di PDS, pemudik yang balik di Pelabuhan Batuampar juga meningkat pada Jumat (6/5). KM Kelud datang dari Belawan, Medan sekitar pukul 12.30 WIB selanjutnya bertolak ke Tanjung Priok.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan (KKP) AKP Yusriadi Yusuf mengatakan, adapun rincian penumpang yang diangkut KM Kelud adalah penumpang Turun 1.956 orang, penumpang transit 271 orang dan penumpang naik 1.029 orang.*