Besok Diprediksi Puncak Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Sekupang Batam

Besok Diprediksi Puncak Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Sekupang Batam

5 Mei 2022
Pelabuhan Sekupang Batam

Pelabuhan Sekupang Batam

RIAU1.COM - Sejauh ini arus balik Lebaran Idul Fitri 2022 di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) sudah menunjukkan peningkatan. 

Kasatker Pelabuhan Ferry Domestik Sekupang, Batam Dirman seperti dimuat Batamnews memprediksi puncak arus balik terjadi pada tanggal 6 sampai 8 Mei.

“Arus balik lebaran diperkirakan akan meningkat pada 6 sampai 8 Mei 2022 nanti,” katanya, Kamis (5/5/2022).

Untuk itu, dia mengimbau agar masyarakat dapat merencanakan waktu kepulangan secepatnya agar tidak terjadi penumpukan di pelabuhan. 

Dari pantauan, kondisi pelabuhan saat ini masih kondusif. Tidak ada kepadatan penumpang yang signifikan.

Pihaknya juga telah mempersiapan sejumlah personel untuk mengantisipasi lonjakan arus penumpang. “Kita sudah siapkan petugas untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus balik nanti,” kata dia. 

Sebelumnya, arus keberangkatan di Pelabuhan Domestik Sekupang mengalami penumpakan bahkan ada yang mengantre sejak subuh. Meski begitu, kata Dirman, semuanya masih berjalan aman dan dapat terkendali.

Loading...

Peningkatan penumpang meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan hari normal. Katanya, pemudik tujuan Dumai yang paling banyak memadati Pelabuhan Sekupang.

Sejak H-7 Idulfitri, lanjutnya, jumlah penumpang di Pelabuhan Sekupang sudah di atas 2.000 orang. Jumlah ini naik dari sebelumnya yang hanya berkisar 800-1.000 penumpang per hari.

“Setiap tahun seperti ini, tapi kita siap dan masih kondusif,” katanya.

Terkait harga tiket, dirinya menjelaskan tidak ada kenaikan dan normal sesuai dengan hari biasa.*