Wisatawan Singapura Batal ke Batam, Ini Penyebabnya

Wisatawan Singapura Batal ke Batam, Ini Penyebabnya

28 Januari 2022
Pelabuhan Batam

Pelabuhan Batam

RIAU1.COM - Wisatawan dari Singapura yang direncanakan datang, Jumat (28/1), batal datang ke Batam. Ada dua alasan yang membuat wisatawan ini tidak jadi datang ke kawasan Nongsa Sensation dalam skema travel bubble.

“Belum adanya permit dari pihak Singapura, untuk kapal di sana,” kata Ketua Nongsa Sensation, Andy Fong.

Ia mengatakan alasan lainnya adalah belum ada kebijakan Vaccinated Travel Lane (VTL) untuk perjalanan dari Batam ke Singapura. Sehingga, wisatawan asal Singapura, mengurungkan niat datang ke Batam. “Wisman ini datang ke Batam, sudah terbatas. Sebab diberlakukan travel bubble, wisman hanya bisa berkunjung ke daerah sudah ditentukan,” ucap Andy Fong.

Andy seperti dimuat batampos mengatakan, Travel Bubble adalah karantina. Namun, karantina yang membolehkan para wisman menggunakan fasilitas tempatnya di karantina. “Jadi gini, di Batam sudah karantina. Lalu sampai Singapura di karantina lagi. Kami sangat berharap tidak ada karantina bagi wisman yang datang dari Batam. Sebab hal ini dapat meningkatkan minat wisman, walaupun datang ke lokasi wisata dengan tidak bisa ke tempat lainnya,” ujarnya.

Ia mengatakan pengelola wisata di kawasan Nongsa Sensation masih menunggu izin dari Pemerintah Singapura. “Kami sangat berharap kelonggran, wisman dari Singapura tidak perlu lagi di karantina selama 7 hari sekembali dari Batam,” ucapnya.

Andy mengatakan untuk izin kapal dari Batam ke Singapura, masih dalam proses. Ia berharap ada lobi-lobi dari Pemerintah Indonesia ke Pemerintah Singapura. “Semoga saja, rencana kami buat lagi di 4 Februari. Semogaa saat itu izin sudah diberikan, dan ada kelonggaran dari pemerintahan Singapura terhadap masyarakatnya yang datang dari Batam,” ujarnya.

Terlaksanannya travel bubble ini, kata Andy, dapat meningkatkan lagi optimisme para pelaku pariwisata. Apabila travel bubble berjalan lancar, ia berharap kebijakan ini berubah menjadi VTL. Sehingga baik orang dari Singapura atau Batam, tidak perlu menjalani karantina.

“Ingin kami begitu, karena sudah dilakukan PCR. Semoga saja bisa terlaksana,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan Kawasan Nongsa Sensation direncanakan akan menerima wisatawan mancanegara 28 Januari. Kawasan ini memiliki 4 resort dan 3 lokasi golf. Resort yang masuk dalam travel bubble yakni Montigo, Batamview, Nongsa Point Marina dan Turi Beach. Sedangkan lokasi golf Tering Bay, Palm Spring dan Tamarin.*