f Penerapan VTL, Menurut Gubernur Ansar Langkah Tepat Dongkrak Kunjungan Wisman | RIAU1.COM
//riau1.com/

#kepulauan-riau

Penerapan VTL, Menurut Gubernur Ansar Langkah Tepat Dongkrak Kunjungan Wisman

R1/wira


Gubernur Kepri, Ansar Ahmad (Foto:RRI.co.id) Gubernur Kepri, Ansar Ahmad (Foto:RRI.co.id)

RIAU1.COM - Rencana pemerintah pusat terkait penerapan Vaccinated Travel Lane (VTL) atau reaktivasi Travel Corridor Arrangement (TCA) Indonesia – Singapura direspon positif Gubernur Kepri, Ansar Ahmad. 

www.jualbuy.com

Baca Juga: Tarif Parkir di Batam Naik, Bagaimana untuk Bandara dan Pelabuhan? ini Penjelasannya

Menurutnya gubernur Ansar, rencana itu menjadi langkah tepat untuk mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kepri, di masa pandemi.

Kemudian dia menegaskan, Pemprov Kepri, sangat mendukung rencana tersebut, serta berharap kebijakan itu dapat segera direalisasikan.

“Karena kondisi pariwisata di Kepri memang sudah sangat memprihatinkan,” katanya akhir pekan ini seperti dimuat Hariankepri.

VTL, merupakan kebijakan yang disediakan suatu negara kepada negara lainnya, dengan tujuan untuk mendatangkan turis. Melalui, kebijakan ini, turis yang akan masuk ke negara tujuannya, syarat utamanya, harus sudah menjalani vaksinasi Covid-19 lengkap.

Dalam Rakor itu, Ansar, mengungkapkan, sejak pandemi Covid-19, kunjungan wiswan ke Provinsi Kepri sangat minim. Hal itu, kata dia, langsung berimbas kepada sektor pariwisata di Kepri.

“Kita selalu melakukan pertemuan dengan pengusaha pengelola pariwisata wisata leisure, mereka mengatakan sampai saat ini tidak ada sama sekali wisatawan mancanegara yang masuk ke Kepri,” tuturnya.

Tambah dia, dampak dari kondisi itu membuat angka pengangguran terbuka di Kepri saat ini berada di atas 9,9 persen. Sebagian besar, jumlah itu, disumbang dari sektor pariwisata.

“Sedangkan untuk sektor yang lain sudah mulai menunjukkan perbaikan,” ujarnya.

Ansar mengusulkan, kepada pemerintah pusat untuk menjadikan Bintan Resort, di kawasan Lagoi Kabupaten Bintan dan Nongsa Sensation, di Kota Batam, sebagai pilot project penerapan kebijakan VTL tersebut.

Baca Juga: Balita Meninggal Dunia Terlidas Truk di Karimun

“Barangkali kita sudah dapat memulai menjalankan bentuk travel bubble (VTL,red) di kawasan-kawasan khusus yang memang sebelumnya sudah kita sepakati sebagai pilot project seperti Bintan Resort dan Nongsa Sensation dengan isolated area,” tuturnya.*





Loading...
loading...