Pemprov Kepri Minta Penurunan Harga Tes GeNose kepada PT Kimia Farma

Pemprov Kepri Minta Penurunan Harga Tes GeNose kepada PT Kimia Farma

3 Juni 2021
ilustrasi

ilustrasi

RIAU1.COM -PT Kimia Farma mematok harga tes covid-19 Ge Nose sebesar Rp 40.000, namun harga tersebut dirasa memberatkan warga di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Pemerintah Provinsi Kepri mengharapkan agar PT Kimia Farma untuk dapat menyetujui pengajuan penurunan harga tes cepat Covid-19 yakni G-Nose agar lebih murah.

 
Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Kepri H TS Arif Fadillah di Tanjungpinang, Rabu (2/6).
“Ya, kita juga mendapatkan laporan dari masyarakat yang bolak-balik berangkat terkait harga cek G-Nose yang cukup memberatkan masyarakat,” ungkap Arif .

Namun kembali lagi, lanjut Arif penetapan tarif G-Nose tersebut bukanlah menjadi kewenangan Pemprov Kepri, namun pihak pengelola yakni Kimia Farma.

“Kita sudah dua kali mensurati pihak Kimia Farma untuk meminta subsidi G-Nose tersebut, ya minimal harganya sama seperti harga tes G-Nose di Kereta Api Indonesia lah sekitar Rp 30.000,-, kita kan tak ada kereta api yang ada kapal laut sebagai transportasi,” tegas Arif.

Tak hanya itu, Arif meminta kepada Kimia Farma untuk dapat mengratiskan pada tes kedua G-Nose jika pada tes pertama dinyatakan positif.

“Sekarang masih masyarakat yang bayar dua kali, kalo untuk Rapid Test Antigen dan PCR kalau yang dari pemerintah gratis sedangkan jika tes dilakukan mandiri di swasta baru bayar,” jelas Arif. (suryakepri.com)