16 Warga Meranti Nyebrang ke Karimun Gunakan Pompong Dicegat Satpolair

16 Warga Meranti Nyebrang ke Karimun Gunakan Pompong Dicegat Satpolair

21 Mei 2021
Perahu bermesin atau pompong yang digunakan 16 warga Meranti, Riau menyeberang ke Karimun, Kamis (20/5/2021). Foto Suryakepri.com/IST

Perahu bermesin atau pompong yang digunakan 16 warga Meranti, Riau menyeberang ke Karimun, Kamis (20/5/2021). Foto Suryakepri.com/IST

RIAU1.COM -Belasan warga Meranti dicegat di sekitar perairan Sungai Pasir, Kecamatan Meral atau tak jauh dari PT Grace Rich Marine. 16 warga Topang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau dicegat kapal patroli Satpolairud Polres Karimun Polda Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (20/5/2021) sore sekitar pukul 14.00 WIB.

Mereka terdiri dari 10 orang dewasa termasuk Tekong pompong dan enam anak-anak. Sebanyak 16 warga Topang, Meranti itu nekat menyeberangi lautan hanya dengan moda transportasi satu unit perahu bermesin atau pompong.

“Mengingat saat ini rawan Covid-19, masuk ke Karimun mesti ada tes kesehatan dulu baik itu rapid test atau GeNose dan mereka ini masuk secara tanpa dilengkapi surat keterangan kesehatan. Kita khawatir, penyebaran Covid-19,” kata Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan melalui Kasatpolairud Polres Karimun Iptu Binsar Samosir, Jumat (21/5/2021).
 
Dikatakan juga oleh Binsar, 16 warga Meranti tersebut hendak menghadiri pesta pernikahan seorang anggota keluarga mereka bernama Indra di Kelurahan Teluk Uma, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun. “Mau hadiri pesta pernikahan seorang anggota keluarga bernama Indra di Teluk Uma,” terang Binsar.

Begitu diamankan, Binsar menyebut, 16 penumpang tersebut kemudian diserahkan kepada Satgas Penanggulangan Covid-19 Kecamatan Meral untuk dicek kesehatannya.

Belasan warga Meranti itu kemudian diharuskan menjalani tes GeNose di Pelabuhan Internasional Karimun.

Hasilnya, ke-16 penumpang tersebut dinyatakan Negatif Covid-19.

“Syukurlah hasilnya negatif semua,” kata Binsar.

Binsar mengimbau bagi warga yang hendak berkunjung ke Karimun sebaiknya masuk melalui jalur resmi dan melengkapi diri dengan hasil tes bebas Covid-19.

Loading...


“Ini demi kebaikan bersama agar penyebaran Covid-19 dapat kita hindarkan. Dan jangan lupa senantiasa menggunakan masker dan menjaga jarak serta kebersihan diri,” pesannya.

Nama-nama penumpang:

a. Sdr. MISWANTO Sebagai tekong
b. Sdr. ALI (penumpang)
c. Sdr ISMAIL ( penumpang)
d. Sdr. NIZAR (penumpang)
e. Sdr. MUHAMMAD ZEN ( penumpang )
f. Sdr. ASNAH ( penumpang )
g. Sdr. JUMADI ( penumpang )
h. Sdri. MAINUNAH ( penumpang )
I. sdri. ROKIAH ( penumpang )
J. Sdr. MUHAZIRUN (penumpang)
k. Sdr. SAFAWI (penumpang)
l. Sdri. JULITA ( penumpang )
m. Sdr. MULIADI ( penumpang )
n. Sdri. SELFI ( penumpang )
O.sdr. ROZI ( penumpang )
p. Sdr. ZAKI ( penumpang )

(suryakepri.com)