Sebelum Disembelih 13.980 Hewan Kurban Diperiksa Kesehatannya di Batam

Sebelum Disembelih 13.980 Hewan Kurban Diperiksa Kesehatannya di Batam

28 Juli 2020
petugas periksa kseshatan sapi sebelum disemblih/suryakepri

petugas periksa kseshatan sapi sebelum disemblih/suryakepri

RIAU1.COM -BATAM– Sebanyak 13.980 ekor hewan kurban telah selesai menjalani pemeriksaan kesehatan, guna menyambut Idul Adha 1441 H. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Batam, Mardanis.

Dari total hewan kurban ini, Mardanis menjelaskan bahwa 10.446 merupakan hewan kurban kambing, sementara 3.534 lainnya merupakan hewan kurban sapi. “Hasil pemeriksaan telah selesai dilaksanakan oleh tim, dan seluruh hewan kurban yang telah diperiksa diambil dari total 87 pedagang hewan kurban di Batam,” jelasnya, Selasa (28/7/2020).


Dari ke 87 pedagang hewan kurban tersebut, 41 pedagang berada di kawasan Sei Temiang dan lainnya tersebar di beberapa Kecamatan lainnya.

Walau demikian, pihaknya mengingatkan agar para pedagang hewan kurban yang telah mendapat peringatan, untuk dapat segera melaksanakan permintaan dari tim DKPP Kota Batam.

“Secara keseluruhan sebenarnya semuanya dalam kondisi baik, namun ada beberapa ekor kambing di beberapa pedagang kita temukan memiliki sakit mata. Sudah kita minta obati, nanti akan dilakukan pengecekan kembali,” tegasnya.

Sementara itu, untuk kondisi hewan kurban sapi diakuinya dalam kondisi yang sangat sehat.

Selain melakukan pengecekan kesehatan hewan jelang Idul Adha, Mardanis mengakui akan menurunkan tim guna melakukan pengecekan paska pemotongan hewan kurban.

“Insya Allah nanti di hari H kita akan turun pengawasan lagi. Tapi kali ini ke lokasi pemotongan hewan kurban, di masjid-masjid. Terutama yang banyak hewan kurbannya. Guna memastikan dagingnya layak konsumsi dan tidak ada penyakit seperti cacing di hati,” paparnya.(suryakepri)