Danguskamla Lepas Liarkan Tukik Hasil Pengembangbiakan Satgas Pamtas Pulau Berhala

Danguskamla Lepas Liarkan Tukik Hasil Pengembangbiakan Satgas Pamtas Pulau Berhala

20 Juli 2020
Danguskamla Lepas Liarkan Tukik Hasil Pengembangbiakan Satgas Pamtas Pulau Berhala/Suryakepri

Danguskamla Lepas Liarkan Tukik Hasil Pengembangbiakan Satgas Pamtas Pulau Berhala/Suryakepri

RIAU1.COM -BATAM– Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada I Laksma TNI Yayan Sofiyan, S.T., melepasliarkan ratusan Tukik/Bayi Penyu yang dikembangbiakkan oleh Prajurit Satgas Pamtas Pulau Terluar di Pulau Berhala.

Kegiatan ini dilakukan saat sedang mengendalikan Operasi Benteng Samudera 20, Operasi Malacca Strait Sea Patrol dan Pamtas Indo-Thai 20 menyempatkan bertatap muka dengan Prajurit Satgas Pengamanan Pulau Terluar di Pulau Berhala, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (18/7/2020).

Prajurit TNI Satgas Pamtas Pulau Terluar di bawah pimpinan Lettu Mar Chalvin telah melaksanakan penugasan di Pulau Berhala selama 7 bulan terhitung November 2019, terdiri dari 24 Prajurit Marinir dari Yon 8 Pangkalan Brandan Medan dan 10 Prajurit TNI AD dari Kodam I/Bukit Barisan.

Danguskamla Koarmada I menyerahkan bantuan logistik dari Pangkoarmada I berupa beras, minyak goreng dan gula pasir serta keperluan lainnya yang diterima oleh Dansatgas beserta prajuritnya. 

Danguskamla Koarmada I menyampaikan pesan dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E. M.M., dan Pangkoarmada I Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., untuk dipedomani Prajurit Satgas agar selalu menjaga integritas dan kebersamaan antar matra.

Kemudian menjalin komunikasi dengan keluarga dan selalu bersyukur karena di tengah krisis menghadapi Covid-19 prajurit TNI tetap mendapatkan berbagai hak dari negara.

“Jangan mudah tergoda oleh sesuatu yang dapat mencoreng kehormatan TNI/TNI AL dan Korps Marinir di daerah penugasan, tidak sekali-kali menyakiti hati rakyat dengan menindas/memeras nelayan tetapi justru menjadi pengayom mereka,”.


“Selama penugasan selalu memohon perlindungan Tuhan Yang Maha Esa serta menjaga moril dan stamina,” kata Danguskamla Koarmada I dalam keterangan tertulisnya diterima, Minggu (19/7/2020).

“Kegiatan ini merupakan bentuk perhatian Pimpinan TNI/TNI AL kepada prajurit yang sedang melaksanakan tugas pengamanan di pulau terluar, sekaligus memberikan motivasi agar senantiasa tetap tabah dan setia dalam menjaga negeri ini,” ujarnya.

Danguskamla Koarmada I yang didampingi Asops Guskamla Koarmada I Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan dan Paban Analev Sintel Guskamla Koarmada I Letkol Laut (T) Darwin Simbolon, S.E., M.Tr.Hanla., juga menitipkan pesan kepada Prajurit Satgas Pam Puter Pulau Berhala agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan selamat bertugas dalam mengawal Kedaulatan NKRI. (Suryakepri)