BPC HIPMI Kampar Taja Pendampingan Proses Halal Produk Makanan dan UMKM

BPC HIPMI Kampar Taja Pendampingan Proses Halal Produk Makanan dan UMKM

7 September 2022
Peserta pelatihan

Peserta pelatihan

RIAU1.COM - BPC HIPMI Kampar bekerja sama dengan lembaga sertifikasi Halal Centre Cendikia Muslim (HCCM) Kantor Perwakilan Riau menggelar Pelatihan dan Pendampingan Proses Produk Halal untuk produk-produk makanan dan minuman hasil UMKM Kampar.

Rangkaian pelatihan dan pendampingan ini bertujuan memfasilitasi para pelaku UMKM di Kampar untuk mendaftarkan dan mendapatkan sertifikasi halal bagi produk-produk UMKM, baik itu makanan maupun minuman.

Sesuai dengan UU No 33 tahun 2014 tentang badan penyelenggara jaminan produk halal, dimana ditegaskan, bahwa produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal. 

"Untuk itu, kami BPC HIPMI Kampar sangat terpanggil memberikan informasi dan mengajak kepada para pelaku UMKM di Kampar untuk segera mendaftarkan produk-produknya agar diterbitkan sertifikat halal, serta juga mendaftarkan usaha UMKM sampai adanya NIB. Apalagi pendaftarannya sekarang ini masih gratis," kata Ketua Umum BPC HIPMI Kampar Iwan Kurniawan.SH.

"Kita berharap para pelaku UMKM dan produk-produk UMKM kita ini bisa dipasarkan pada skala nasional dan internasional. Tentunya persyaratan-persyaratan yang berkaitan dengan standar nasional Indonesia (SNI) sampai kepada adanya sertifikat halal terpenuhi, sehingga produk kita bisa bersaing di pasar global nantinya," sambung dia.

Sementara itu, koordinator HCCM Kantor Perwakilan Riau Erti Syovia, mengungkapkan, bahwa di kabupaten Kampar masih banyak sekali produk-produk UMKM yang belum mendaftarkan untuk mendapatkan sertifikat halalnya dibandingkan dengan kabupaten lainnya.

"Lembaga HCCM KP Riau berkomitmen bersama BPC HIPMI Kampar bekerja lebih dalam mensosialisasikan kepada pelaku UMK kita manfaat adanya sertifikat halal untuk produk UMK kita, dimana tantangan pasar global di depan mata kita," ujar Erti Syovia.**