Kepala ANRI Serahkan Buku Citra Arsip Kampar

Kepala ANRI Serahkan Buku Citra Arsip Kampar

6 Agustus 2022
Penyerahan Buku Citra Arsip Kampar

Penyerahan Buku Citra Arsip Kampar

RIAU1.COM - Buku Citra Arsip Kampar diserahkan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Drs Imam Gunarto,M.Hum kepada Pj Bupati Kampar Dr Kamsol di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar, Sabtu (6/8/2022). 

Sebelum menerima Buku Citra Arsip Kampar yang berisikan sejarah Kabupaten Kampar tersebut, Pj Bupati Kampar Kamsol menyampaikan ucapan selamat datang di Bumi Serambi Mekah Riau. 

"Segala sumber sejarah tidak akan sampai dari generasi satu ke generasi berikutnya, kalau tidak ada kesadaran pengelolaan sumber atau tidak ada kesadaran arsip yang dimiliki," kata Dr Kamsol. 

Dengan demikian, dia meminta kedepan agar lebih tersusun ketertiban arsip yang lengkap. Hal ini bisa dimulai dari setiap OPD dalam memberikan dikumen kepada Kantor Arsip Kabupaten Kampar. 

Sementara itu Kepala Arsip Nasional RI Drs Imam Gunarto menyampaikan, bahwa ada beberapa syarat dalam menyampaikan arsip yang sempurna. 

Syarat ini antara lain, pertama adalah kebijakan. Kebijakan ini merupakan komitmen dari Bupati sampai kepala OPD dan DPRD, selanjutnya instrumen melalui Peraturan Bupati. 

"Kemudian sistem klasifikasi pengelompokan mana yang bisa dikases umum, mana yang bersifat rahasia, begitu juga memperhatikan jadwal Atensi Arsip, serta sistem manual dan digital. Intinya dokumentasikan kegiatan budaya masyarakat" terang Imam.*