Tol Pekanbaru-Bangkinang Dibuka, Ternyata Malah Timbul Masalah Baru

Tol Pekanbaru-Bangkinang Dibuka, Ternyata Malah Timbul Masalah Baru

11 Mei 2022
Saat rapat berlangsung

Saat rapat berlangsung

RIAU1.COM - Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, memimpin langsung Rapat Koordinasi (Rakor) sekaligus peninjauan lapangan Interchange (IC) persimpangan jalan yang tidak sebidang dengan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang-Pangkalan yang berada di jalan Bangkinang-Petapahan Kabupaten Kampar. 

Rakor tersebut digelar dari hasil koordinasi bersama Kementerian PUPR Republik Indonesia di Jakarta beberapa waktu lalu.

Hadir dalam kesempatan Rakor tersebut diantaranya Anggota DPR-RI Komisi V H. Syahrul Aidi Ma’azat LC, MA, Ketua DPRD Kabupaten Kampar M.Faisal, ST, Kapolres Kampar AKBP Rido Rolly Parsaoran Purba SIK.MH , Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional Provinsi Riau Kementerian PUPR, Kepala Balai Pengelola Tranportasi Darat (BPTD) wilayah IV Provinsi Riau kementerian PUPR, Pimpinan PT. Hutama Karya Seksi Bangkinang Pekanbaru, Pimpinan PT. Hutama karya seksi Bangkinang Pangkalan Kepala OPD terkait dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar. Rakor tersebut diadakan di aula Bapeda, Rabu (11/5)

Dalam arahannya, Bupati Kampar menyampaikan harapannya dengan dibangunnya jalan tol Pekanbaru- Bangkinang, Bangkinang-Pangkalan tidak menimbulkan persoalan baru atau masalah baru, seperti kemacetan yang telah terjadi di pintu tol yang terletak di Kecamatan Bangkinang. Ia berharap stake holder terkait untuk ikut mencari jalan keluar atau solusi permasalahan yang timbul akibat adanya pembangunan Jalan Tol.

“Ketika difungsikannya jalan Tol Pekanbaru Bangkinang, Kecamatan Bangkinang terjadi Kemacetan, ini semua harus kita carikan solusinya, salah satunya diperlukan jalan penyangga” ujar Catur Sugeng. 

Ia juga berharap, hasil dari Rakor ini dapat menemukan solusi dari permasalahan baru akibat difungsikannya Jalan Tol Pekanbaru Bangkinang. Catur minta agar bersama mencarikan solusi atau jalan keluar permasalahan kemacetan yang timbul dari difungsikan jalan tol Pekanbaru Bangkinang.

Catur Sugeng Susanto juga menyampaikan agar jalan penyangga tol untuk tetap dianggarkan, agar masyarakat tidak pengguna jalan tol juga dapat menikmati pembangunan Infrastruktur jalan yang dibangun Pemerintah Pusat dan Pemerintah daerah Kabupaten Kampar, selain itu akses non tol seperti dua jalur menuju Kota Bangkinang agar diteruskan pembagunannya.*