Festival Pulau Belimbing di Kuok Kampar, Digadang-gadang jadi Iven Tingkat Nasional

Festival Pulau Belimbing di Kuok Kampar, Digadang-gadang jadi Iven Tingkat Nasional

21 November 2021
Salah satu acara di festival Pulau Belimbing

Salah satu acara di festival Pulau Belimbing

RIAU1.COM - Program aksi pemajuan Kebudayaan desa, Kementerian pendidikan, kebudayaan, Riset dan Teknologi RI menggelar Festival Pulau Belimbing, yang bertujuan untuk memajukan kebudayaan desa, mendapat apresiasi Pemerintah Kabupaten Kampar.

Seperti itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar, Zulia Dharma saat membuka Festival Pulau Belimbing yang mengangkat tema Bagholek Godang” di Desa Wisata Pulau Belimbing I Desa Kuok, Kecamatan Kuok akhir pekan ini.

"Budaya yang sudah ada di daerah kita ini, mari kita jaga keutuhannya serta melestarikan sehingga kedepannya kita bisa untuk membangkitkan kembali budaya kita melalui pelindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan kebudayaan," kata Zulia.

Kedepannya dia berharap, iven festival Pulau Belimbing ini bukan hanya dilaksanakan tingkat kecamatan Kuok, akan tetapi juga dijadikan ivent tingkat provinsi Riau bahkan nasional.

"untuk itu mari kita saling berkoordinasi dan bekerjasama dalam meningkatkan kebudayaan di daerah kita ini," ujarnya.

Sementara itu, sekapur sirih dari Datuok M. Ali gindo jo bosagh pasukuan domo kenegerian Kuok di dampingi ibu ahli waris rumah lontiok Zulhelma M.Pd menyampaikan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan untuk melestarikan budaya dan untuk mengenang kembali lebih jauh bagaimana budaya kita yang sebenarnya.

"Melalui kegiatan ini dapat kita perkenalkan dan ajarkan kepada anak keponakan kita serta masyarakat luas tentang bagaimana adat yang sebenarnya dan potensi potensi yang ada di daerah kita dan ini perlu kita lestarikan, kembangkan dan publikasikan sehingga masyarakat luas kenal dengan kebudayaan ini.” Kata Datuok gindo jo bosagh kenegerian Kuok.*