Menuju Satu Data Kabupaten Kampar, Bappeda Adakan Pelatihan Khusus

Menuju Satu Data Kabupaten Kampar, Bappeda Adakan Pelatihan Khusus

21 Oktober 2021
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Pelatihan Sistem Informasi Geospasial (SIG) dan Standarisasi Data Spasial diadakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar, 19-22 Oktober 2021.

Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Azwan saat membuka pelatihan ini menyampaikan bahwa dengan digelarnya pelatihan ini diharapkan peserta bisa memahami Sistem Informasi Geospasial dan bisa mendukung kegiatan Satu Data Kabupaten Kampar. 

“Pimpinan  sangat mendukung penuh kegiatan satu data ini,” ujar Azwan.

Sebab itu, Azwan minta kepada peserta untuk serius mengikuti materi ini dan diharapkan   peserta nantinya bisa menjadi pelatih SIG di Kabupaten Kampar. ”Diharapkan tim ini nantinya menjadi kebanggaan kita dalam mewujudkan Satu Data Kabupaten Kampar.

Ditambahkan Azwan bahwa tahun ini Kabupaten Kampar sedang mengikuti penilaian Bhumandala Award. Bhumandala Award merupakan penghargaan terhadap upaya pembangunan simpul jaringan informasi geospasial yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai terbaik dalam upayanya mempersiapkan diri dan membangun simpul jaringan. 

Loading...

"Kita berdoa, semoga Kabupaten Kampar bisa meraih hasil terbaik, dan tentu ini semua tidak terlepas dari  kerja keras tim,” ujar Azwan.

Sementara itu Kepala Bidang Infrastruktur  Zaki Helmi, dalam laporannya menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat penting dan strategis  karena dalam pengumpulan data spasial  sangat diperlukan  peningkatan kapasitas  sumber daya  manusia  tentang SIG. 

“Oleh karena itu  melalui kegiatan Satu Data Kampar melakukan pelatihan standarisasi  data spasial  sesuai dengan Katalog  Unsur Geografi Indonesia (KUGI),” ujar Zaki.*