Kembangkan IKM, Dekranasda Kampar Undang Marketplace JualBuy

Kembangkan IKM, Dekranasda Kampar Undang Marketplace JualBuy

7 September 2021
Penyematan tanda peserta

Penyematan tanda peserta

RIAU1.COM - Komitmen untuk memajukan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dan tenaga pengrajin lokal, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kampar bersama Dinas Perindustrian Dan Tenaga Kerja (Disperinnaker) gelar pelatihan berbasis online shop sebagai marketplace selama dua hari yang dimulai pada Selasa (7/9) di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Desa Ridan Permai Kecamatan Bangkinang Kota.

Ketua Dekranasda Kampar Hj. Muslimawati Catur yang diwakili oleh Wakil Ketua Dekranasda Kampar Hj. Juli Mastuti Yusri mengatakan melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan frekuensi transaksi jual beli antara penjual dan pembeli. 

"Seiring meningkatnya pengguna sosial media, pemasaran produk dengan memanfaatkan media marketplace melalui online berpotensi untuk memperluas pangsa pasar untuk produk yang ditawarkan sehingga kemungkinan closing akan lebih besar.” Kata.

Dia juga menekankan pentingnya keberadaan industri kerajinan sebagai wahana peningkatan pendapatan, penciptaan usaha baru melalui pelestarian hasil budaya daerah. 

“Pengrajin berkembang, usaha berdaya, optimalisasikan penyerapan tenaga kerja. Saya yakin kita pasti bisa.” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian Dan Tenaga Kerja Drs. H. Ali Sabri menghimbau agar para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik dan sungguh sungguh.

“Mari kita ikuti dan kembangkan kemungkinan untuk saling berkolaborasi. Kita tingkatkan strategi pemasaran produknya melalui marketplace. Kepada instruktur saya juga mengucapkan terima kasih telah berkenan memberikan ilmu kepada peserta pelatihan.” Tutup Ali yang juga sebagai ketua harian Dekranasda Kampar.

Untuk instruktur pelatihan berasal dari berbagai pihak. Pihak swasta dari marketplace JualBuy, PT. Shopee Internasional dan CV. Madu Wilbi.*