Upaya Tingkatkan Pengawasan Partisipatif Masyarakat dalam Pemilu, Puluhan Panwascam Ikuti Sekolah Kader di Kampar

Upaya Tingkatkan Pengawasan Partisipatif Masyarakat dalam Pemilu, Puluhan Panwascam Ikuti Sekolah Kader di Kampar

3 September 2021
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Kegiatan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) yang ditaja oleh Bawaslu Kampar ini selain bisa menumbuhkan partisipatif masyarakat, juga menjadi cara Bagi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk menjadikan kegiatan ini terarah dan terukur. Mewujudkan pemilu yang transparan, Bermarwah dan bermartabat.

Demikian dikatakan oleh Staf Ahli Bupati Kampar Ir. Nurhasani saat membuka Pelatihan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif yang diikuti 90 orang yang terdiri dari panwasacam dari dua Kabupaten yakni Kampar dan Kuantan Singingi. 

"Kegiatan Nasional SKPP ini sangat penting dalam mengedukasi, pemahaman dan partisipasi aktif masyarakat dalam pelaksanaan pemilihan umum ” Kata Nurhasani.

"Harapan kita tentunya di setiap penyelenggaraan pemilu keberadaan peserta ini dapat memberikan fungsi, karena peran mereka dilapangan sangat penting dalam Penyelenggaran pemilu yang berjalan jujur dan adil” sambung Nurhasani lagi.

Sementara ketua Bawaslu Riau Rusdi Rusdan dalam sambutannya menyampaikan pelatihan kader ini sangat penting dalam mewujudkan Penyelenggaran pemilu yang transparan, Bermarwah, bermarabat dan berkualitas, inilah salah satu jawaban dari selentingan orang terhadap pemilu yang dilakukan dengan curang 

Sementara itu Ketua Bawaslu Kampar Syawir Abdullah mengantakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang menjadi mandat dari Bawaslu RI.

"Alhamdulilah Kampar telah dapat melaksanakan pembukaan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif ini, semoga kegaitan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar dengan harapan kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan dapat merubah image terhadap penyelenggaraan pemilu khususnya di Kabuoaten Kampar ” Kata Syawir Abdullah.*