Hadiri Pertemuan dengan Hutama Karya, Pemkab Kampar Dukung Penuh Proyek Tol Pekanbaru-Bangkinang

Hadiri Pertemuan dengan Hutama Karya, Pemkab Kampar Dukung Penuh Proyek Tol Pekanbaru-Bangkinang

24 Januari 2020
Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang

Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang

RIAU1.COM - Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto mengikuti rapat dengan PT HUtama Karya (Persero) terkait dengan pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 ini.

Dalam rapat yang digelar di ruang rapat Krakatau Steel, Hotel Sultan, Jakarta, Rabu 22 Januari 2020 itu, mendapati sejumlah kesepakatan dan hasil rapat, yakni:

1. PT Hutama karya (Persero) meminta izin kepada Bupati Kampar untuk penggunaan lahan aset Kabupaten Kampar sambil menunggu UGR yang diperkirakan baru terlaksana pada bulan Juni 2020.

2. Pemkab Kampar mendukung penuh proyek strategis nasional khususnya Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang.

3. Sinkronisasi antara semua pihak sangat diperlukan untuk percepatan tol Pekanbaru-Bangkinang.

4. Pelepasan aset paling memungkinkan sesuai dengan UU nomor 2 tahun 2012 tentang pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum, yaitu hibah dengan feedback dukungan program untuk Kabupaten Kampar berupa rangka jembatan Rumbio 2x60 meter, pembangunan stadion dan peningkatan ruas jalan nasional dua jalur yang semua proposal telah diajukan kepada kementerian PUPR.

5. Izin untuk memulai pekerjaan pada lokasi rumija jalan kabupaten untuk dimulainya konstruksi struktur persilangan sambil berkoordinasi dengan Dinas PU Kampar.

6. Tanggal 10 Februari 2020, akan diterbitkan SK P2T Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang, penyusunan RAB operasional B2T dan dilaksanakan rapat persiapan tanggal 14 Februari 2020 serta tanggal 17 Februari 2020 SK Satgas diterbitkan.

7. ATR/BPN Riau memerlukan dukungan penuh dari Pemkab Kampar dan siap bersinergi dalam tahap pelaksanaan pengadaan tanah tol Pekanbaru-Bangkinang.

8. Pematokan ROW kiri kanan dan patokan bidang (prioritas) harus dapat diselesaikan pada pekan ke-2 Februari 2020 atau sebelum satgas turun ke lapangan.

9. Lokasi prioritas tersebut, yakni Kelurahan Pasir Sialang sampai Kualu Nenas, ditargetkan selesai 90 persen, karena dirasa lebih mudah dalam prosesnya.

"Kita sangat mendukung penuh pembangunan tol PEkanbaru-Bangkinang, untuk perkembangan pembangunan Kabupaten Kampar kedepan," tukas BUpati Kampar, Catur Sugeng.