Kunjungi SMAS Purna Manunggal Tapung, PBSI Unri Berbagi Ilmu Literasi

Kunjungi SMAS Purna Manunggal Tapung, PBSI Unri Berbagi Ilmu Literasi

1 Oktober 2019
Para siswa SMAS Purna Manunggal mengikuti pelatihan literasi dari PBSI Unri

Para siswa SMAS Purna Manunggal mengikuti pelatihan literasi dari PBSI Unri

RIAU1.COM - Mahasiswa-mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Riau (Unri) mengunjungi SMAS Purna Manunggal untuk berbagi ilmu kepada para siswa mengenai literasi.

Kegiatan yang digelar di SMAS Purna Manunggal, Desa Gading Sari, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar itu, berlangsung dari tanggal 28 September hingga 29 September 2019.

Dalam kegiatan PBSI Unri ke Sekolah 2019 bertajuk 'Bersama PBSI ke Sekolah Wujudkan Generasi Aktif, Kreatif, dan Inovatif dengan Literasi', para siswa dimotivasi untuk menggali ilmu lebih dalam, khususnya bidang literasi.

"Galilah ilmu sedalam-dalamnya, jikalau ada wadah untuk kita mencari info jangan disia-siakan," ucap Ketua Pelaksana PBSI Unri, Ariyo saat memberi sambutan.

Sementara itu, Bupati PBSI Unri, Decky Zoelkarnain mengatakan, PBSI Unri akan berbagi ilmu tentang literasi, mulai dari menulis pantun hingga cara menjadi MC yang bagus.

"Kakak-kakak dan abang-abangnya akan sharing ilmu kepada adik-adik mengenai cara menulis pantun yang baik, cerpen, dan menjadi MC yang bagus," kata Decky dalam kegiatan yang dibuka olah Dosen PBSI Unri, Dr Syafrial MPd.

Terpisah, Dosen PBSI Unri, Syafrial yang juga sebagai pemateri menyampaikan, literasi sangat penting dalam kehidupan generasi sekarang. "Namun, literasi itu sudah sangat kurang dilakukan oleh generasi saat ini," sebutnya.

Salah satu panitia PBSI Unri, Retno Andini Pratiwi menuturkan, dalam kegiatan ini juga menghadirkan Nur Amelia yang memiliki banyak penghargaan dibidang puisi, sebagai pemateri.

"Kita juga mengadakan tanya jawab dengan para siswa dan memberikan hadiah doorprize untuk memberikan semangat kepada para siswa mengikuti pelatihan literasi ini," tutur Retno kepada Riau1.com, Selasa 1 Oktober 2019.

"Karena bahagia kita berhasil, dan karena bahagia juga kita sukses. Sesuatu yang dilakukan dengan kebahagiaan, pasti akan mendapatkan hasil yang baik. Karena bahagia itu dicari dan dinikmati oleh setiap penikmatnya," sambungnya.

Masih kata Retno, selain pelatihan iterasi, para mahasiswa/mahasiswi PBSI Unri juga mengadakan bakti lingkungan dan bakti sosial dengan menanam beberapa pohon dan menghiasi taman sekolah.

"Untuk bakti sosial, kita berkunjung ke rumah-rumah warga kurang mampu yang tinggal disekitar SMAS Purna Manunggal dengan membagi-bagikan paket sembako.

Retno melanjutkan, 60 siswa bersama para mahasiswa-mahasiswi PBSI Unri juga mengikuti kegiatan olahraga, nonton bareng film motivasi dan juga menggelar lomba baca puisi yang dimenangkan oleh 3 siswa, yakni Nurdin, Bunga Debora dan Nailul Husna.

"Kita juga memasang spanduk di spanduk kata-kata mutiara di lingkungan sekolah. Dan sebelum penutupan, juga ada penampilan tari kreasi dari Sanggar Tempa Hima PBSI Unri," terangnya.

"Tentunya dari kegiatan ini, kita berharap ilmu yang sudah diajarkan kepada adik-adik di SMAS Purna Manunggal bisa diaplikasikan dalam pembelajaran maupun lomba-lomba," pungkasnya.