Alarm Peringatan Tsunami Aktif, Gempa 7,2 Magnitudo Guncang Haiti

Alarm Peringatan Tsunami Aktif, Gempa 7,2 Magnitudo Guncang Haiti

14 Agustus 2021
Gempa Berkekuatan 7,2 Magnitudo Guncang Haiti, Alarm Peringatan Tsunami Sempat Aktif (foto/ilustrasi)

Gempa Berkekuatan 7,2 Magnitudo Guncang Haiti, Alarm Peringatan Tsunami Sempat Aktif (foto/ilustrasi)

RIAU1.COM - Alarm peringatan tsunami oleh otoritas Amerika Serikat (AS) sempat diaktifkan saat gempa berkekuatan Magnitudo 7,2 yang mengguncang Haiti. Syukurnya, peringatan tsunami dicabut tidak lama setelah diaktifkan.

Dilansir dari Okezone, berdasarkan data Lembaga Geologi Amerika (USGS), gempa melanda 8 km (5 mil) dari kota Petit Trou de Nippes, sekitar 150 km barat ibu kota Port-au-Prince, pada kedalaman 10 km.

USGS memperingatkan gempa berpotensi menyebabkan korban yang tinggi dan bencana yang meluas. Masyarakat di Kepulauan Karibia, Haiti bergegas meninggalkan rumah usai gempa.

Seperti diketahui gempa berpotensi lebih besar dan lebih dangkal dari gempa berkekuatan 7 yang melanda Haiti 11 tahun lalu, menewaskan puluhan bahkan ratusan ribu orang. Gempa tersebut meratakan bangunan dan menyebabkan banyak orang kehilangan rumah.

Walau peringatan tsunami telah dicabut, media Haiti melaporkan beberapa orang di sepanjang pantai sudah kabur ke pegunungan.

Loading...

Gempa itu memperparah nasib Haiti yang telah terperosok dalam krisis politik, kemanusiaan, dan keamanan yang saling terkait.

 

Pemerintah Haiti berada dalam kekacauan, sebulan setelah pembunuhan Presiden Jovenel Moise. Sedangkan sebagian besar warga menghadapi kelaparan yang meningkat dan layanan kesehatan kewalahan oleh virus corona atau Covid-19.