//riau1.com/

#internasional

Begini Penampakan Ambulans Pertama di Dunia

R1/azhar


Ambulans pertama di dunia (Foto: Istimewa/Medium.com) Ambulans pertama di dunia (Foto: Istimewa/Medium.com)

RIAU1.COM - Sebelum diperkenalkannya kendaraan roda empat, ambulans pertama dibuat menyerupai gerobak. Dibuat pada abad ke-14 yang diperuntukkan untuk keperluan militer.

Gerobak tersebut ditarik oleh kuda yang membawa peralatan medis seperti bidai, pompa perut sampai morfin dikutip dari gridoto.com, Senin, 18 Januari 2021.

Tak hanya itu, ambulans pertama ini juga digunakan untuk mengangkut tentara yang tengah terluka. Serta untuk membawa ahli bedah ke medan perang untuk memberikan perawatan medis.

Memasuki tahun 1800an hadirnya kendaraan roda empat membawa angin segar. Tentara tak lagi dibawa menggunakan gerobak dan tentunya dapat ditolong lebih cepat.

Baca Juga: The Musketeers of the Guard, Pengawal Khusus Paling Terkenal Sepanjang Sejarah

Memasuki tahun 1864 ambulans tidak lagi khusus untuk keperluan militer. Berubah menjadi bagian dari departemen medis.

Dialah Dr. Edward L. Dalton, dari Rumah Sakit Bellevue di New York City yang pertama kali memulai layanan ambulans sipil berbasis rumah sakit pertama. Khususnya di Amerika Serikat.

Ambulans baru diproduksi secara massal pertama kali pada tahun 1909 oleh James Cunningham, Son, dan Company of Rochester, New York yang dinamai dengan Model 774 Automobile Ambulance.

Baca Juga: Sejarah Lahirnya Prosesor Intel Pentium yang Laris Manis di Pasaran





Loading...
loading...