//riau1.com/

#internasional

Siapa Bilang Pisah Ranjang Tak Bikin Kantong Jebol, Ini Perceraian Termahal di Dunia

R1/azhar


Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet) Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Perceraian antara Eleanor dengan Raja Louis VII dari Perancis dinobatkan sebagai perpisahaan pernikahan termahal sepanjang sejarah.

Pasalnya, setelah resmi bercerai pada 21 Maret 1152, Eleanor langsung dianggap sebagai wanita terkaya di Eropa dikutip dari kumparan.com, Jumat, 27 November 2020.

Sebelum menikah dengan Louis, Eleanor merupakan pemilik sah seperempat dari seluruh wilayah Prancis. Lalu seorang pewaris William X, Duke of Aquitaine dan Count of Poitiers, yang memiliki salah satu domain terbesar di Prancis.

Eleanor juga mewarisi kadipaten Aquitaine ketika ayahnya meninggal pada 1137. Namun setelah menikah, dia memberikan sebagian kekayaannya kepada sang raja.

Baca Juga: Elizabeth Blackwell, Wanita Pertama yang Miliki Gelar Kedokteran

Namun takdir berkata lain, hubungan pernikahan mereka harus kandas lantaran sang raja menginginkan seorang putra dari Eleanor. Alasannya untuk mewarisi harta dan tahta kerajaan Prancis. Karena Eleanor tak bisa memenuhinya, mereka lalu bercerai.

Baca Juga: Ketika Polwan Pernah Torehkan Sejarah di Musim Haji 2020

Oleh pengadilan gereja, perceraian diberikan atas dasar kekerabatan.

Menurut adat feodal, Eleanor kemudian mendapatkan kembali kepemilikan tunggal atas wilayah Aquitaine dan harta lainnya yang sebelumnya diambil alih oleh Louis.





Loading...
loading...