//riau1.com/

#internasional

Sejarah 27 November: Lahirnya Legenda Aktor Bela Diri Hong Kong, Bruce Lee

R1/azhar


Bruce Lee (Foto: Istimewa/internet) Bruce Lee (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Hanya mendengar namanya saja, hampir semua orang sudah teringat dengan kostum kuning dan senjata khasnya, nunchaku.

Dialah Bruce Lee, aktor bela diri Hong Kong yang tepat hari ini lahir tahun 1940 dikutip dari kompas.com, Jumat, 27 November 2020.

Terlahir dengan nama asli Lee Jun Fan, Bruce Lee memulai karirnya sebagai aktor saat kanak-kanak. Alasannya karena sang ayah adalah seorang penyanyi opera sekaligus aktor paruh waktu.

Bahkan, sejak usia tiga bulan Bruce Lee sudah muncul di film sebagai pemain figuran dalam judul Golden Gate Girl. Setelah itu dia kerap muncul di film-film dengan peran sebagai anak nakal sampai anak jalanan.

Sementara ilmu bela kung fu didapatkan saat beranjak remaja untuk mempertahankan diri dari kerasnya lingkungan jalanan Hong Kong. Kemudian mempelajari wing chun pada 1953 dari seorang master bela diri terkenal, Yip Man.

Diiringi dengan kursus menari untuk membantunya melatih gerakkan kaki dan keseimbangan.

Baca Juga: Sejarah 22 Januari: Apple, Perusahaan Pertama yang Sukses Mempopulerkan Mouse

Seiring bertambahnya usia, orang tua Lee memindahkannya ke Amerika Serikat pada usia 18 tahun. Disana dia melanjutkan pendidikan, bekerja sampingan sebagai pelatih bela diri, lalu menikah dengan Linda Emery.

Baca Juga: Ini Dia Bahasa Paling Tua di Dunia

Termasuk memulai karir sebagi aktor bela diri terkenal. Ditengah ketenarannya, kabar tak sedap menggegerkan dunia.

Bruce Lee tewas mendadak pada 20 Juli 1973. Setelah didalami, polisi mengatakan kematian Lee akibat pembengkakan otak dipicu oleh alergi obat sakit kepala.





Loading...
loading...