//riau1.com/

#internasional

Sejarah 23 November: Raja William III Tewas Tanpa Pewaris Tahta Pria

R1/azhar


Raja William III Belanda (Foto: Istimewa/internet) Raja William III Belanda (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Tepat hari ini Raja William III dari Belanda meninggal dunia tahun 1890.

Sayang dia merenggang nyawa tanpa pewaris tahta pria untuk dijadikan raja dikutip dari okezone.com, Senin, 23 November 2020.

Lantaran menghadapi kenyataan seperti itu, undang-undang khusus Belanda langsung dibuat agar putrinya, Wilhelmina dapat segera diangkat menjadi Ratu.

Setelah UU rampung, dia tak langsung diangkat menjadi ratu. Ini lantaran usianya baru menginjak 10 tahun. Sebagai penggantinya, kekuasaannya diwalikan pada ibunya hingga 31 Agustus 1898.

Setelah cukup umur dan diangkat penuh menjadi penguasa Belanda, ia langsung dihadapkan dengan berbagai macam ujian dikutip dari tirto.id.

Baca Juga: Elizabeth Blackwell, Wanita Pertama yang Miliki Gelar Kedokteran

Beberapa diantaranya seperti orang-orang keturunan Belanda di Afrika Selatan bertikai dengan pihak Inggris.

Lalu Perang Dunia I sampai Perang Dunia II. Di era ini dia terdesak dan menyerah kalah pada 8 Maret 1942 kepada Jepang. Ketika menyerah itu, Wilhelmina dan keluarganya berada di pengasingan.

Baca Juga: Ketika Polwan Pernah Torehkan Sejarah di Musim Haji 2020

Keratuan Wilhelmina berakhir pada 6 September 1948, beberapa bulan sebelum Agresi Militer II terjadi, setahun menjelang Konferensi Meja Bundar di Indonesia.

Putrinya, Juliana, yang sudah 39 tahun lalu naik tahta dan diangkat menjadi ratu pada 6 September di Nieuwe Kerk di Amsterdam.





Loading...
loading...