//riau1.com/

#internasional

Ini Dia Kisah Cinta Paling Rumit Sepanjang Sejarah Dunia

R1/azhar


Ilustrasi Antony dan Cleopatra (Foto: Istimewa/internet) Ilustrasi Antony dan Cleopatra (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Antony dan Cleopatra dinobatkan sebagai pasangan yang memiliki kisah cinta paling rumit sepanjang sejarah dunia.

Pasangan ini mengalahkan kisah cinta lainnya seperti Winston Churchill dan Clementine, Victoria dan Albert, Henry VIII dan Anne Boleyn, Napoleon dan Josephine, John dan Jackie Kennedy, bahkan Richard III dan Anne Neville dikutip dari kumparan.com, Kamis, 12 November 2020.

Baca Juga: Benedict Arnold, Penghianat Paling Terkenal Sepanjang Sejarah

Alasannya, karena cerita Marcus Antonius dan Cleopatra VII telah diceritakan kembali selama lebih dari 2 ribu tahun. Lalu dipopulerkan oleh Shakespeare.

Kisah mereka kemudian difilmkan dalam film Cleopatra 1963 oleh Elizabeth Taylor dan Richard Burton. Semua bermula dari  perselingkuhan antara Antony dan Cleopatra yang terjadi di tengah perebutan kekuasaan di republik Romawi.

Pada 41 SM, Antony yang berselisih dengan putra angkat Julius Caesar, Oktavianus menjungkalkan Julius dari kepemimpinan Romawi.

Tujuannya untuk melakukan aliansi politik dengan Cleopatra, ratu Mesir. Cleopatra lalu melahirkan tiga anak untuk Antony dua putra dan seorang putri.

Baca Juga: Tutankhamun, Firaun yang Dianggap Mewariskan Kutukan

Pada 31 SM Antony dan Cleopatra menggabungkan pasukan mereka untuk menghadapi pasukan Oktavianus dalam pertempuran laut di Actium, Yunani.

Sayang, mereka berdua kalah dalam pertempuran. Pasangan ini lalu melarikan diri ke Mesir. Oktavianus mengejar mereka, dan tahun berikutnya merebut ibu kota Mesir, Alexandria.

Mark Antony bunuh diri dan diikuti oleh Cleopatra, yang bunuh diri juga pada 12 Agustus 30 SM.





Loading...
loading...