//riau1.com/

#internasional

Kopi Susu dan Sejarahnya di Belahan Dunia

R1/azhar


Ilustrasi pembuatan kopi susu (Foto: Istimewa/internet) Ilustrasi pembuatan kopi susu (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Siapa yang tidak mengetahui kelezatan minuman kopi susu. Perpaduan pahitnya kopi ditambah gurihnya susu menjadi sensasi tersendiri bagi para penikmatnya.

Tahukah bahwa minuman kopi susu tidak pernah ada sebelum memasuki abad ke-17 dikutip dari tirto.id, Minggu, 18 Oktober 2020.

Baca Jugaa: Tak Lagi Kaya Raya, Nauru Kini Negara Termiskin di Dunia

Hal itu lantaran kopi dan susu adalah minuman yang sengaja dihidangkan untuk berdiri sendiri. Pada masa itu tak ada satupun orang ataupun kedai yang berani mencampurkan dua jenis varian minuman ini.

Barulah di tahun 1660an, kopi susu diperkenalkan oleh Duta Besar Belanda untuk China, Johan Nieuhof. Dia memberanikan diri bereksperimen mencampurkan kopi dan susu dalam satu wadah. Hasilnya langsung dapat diterima oleh semua orang.

Sejak saat itu, bermunculanlah ide lainnya. Seperti cappuccino dari Italia, Prancis dengan cafe au lait, ca phe sua da dari Vietnam.

Lalu ada lagi cafe bombon dari Spanyol, flat white dari Australia dan varian lainnya yang semuanya berasal dari temuan Johan Nieuhof.

Baca Juga: Sejarah 2 Desember: Einstein Perkenalkan Teori Relativitas Pada Dunia

Khusus untuk Indonesia, di zaman ini kopi susu dipadukan dengan gula aren.

Alasannya tentu karena ingin memadukan legitnya gula aren, gurihnya susu untuk memberikan warna kontras dan estetis dalam sebuah minuman kopi.





Loading...
loading...