//riau1.com/

#internasional

Ini Dia Berhala Pertama Disembah Sepanjang Sejarah Islam

R1/azhar


Ilustrasi Patung Moai (Foto: Istimewa/internet) Ilustrasi Patung Moai (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Jika mendengar nama berhala terpintas akan teringat dengan patung-patung sesembahaan yang dibuat oleh tangan-tangan manusia.

Dalam sejarah Islam, berhala pertama yang disembah berada di zaman Nabi Nuh Alaihiwassalam dikutip dari kumparan.com, Jumat, 16 Oktober 2020.

Baca Jugaa: Legenda Munculnya Pertanyaan Ayam atau Telur yang Duluan Lahir

Namanya adalah Wadd. Dia sendiri merupakan seorang manusia saleh dari para orang disekitarnya. Namun, suatu ketika ia meninggal membuat kesedihan menyelimuti semua orang saat itu.

Di tengah kesedihan itu, setan memanfaatkan kesempatan dengan mengubah wujud sebagai manusia dan membuatkan sebuah patung Wadd agar orang-orang dapat mengingatnya.

Orang-orang pada masa itu lalu mengikuti ketika melihat adanya patung Wadd. Sampai akhirnya, setan yang menjelma sebagai manusia membuatkan banyak patung untuk disimpan di rumah orang-orang tersebut.

Seperti yang ditulis dalam hadis riwayat Imam Al-Bukhari. Dijelaskan bahwa berhala menjadi sesembahan pertama kali adalah pada masa Nabi Nuh AS.

Baca Jugaa: Legenda Munculnya Pertanyaan Ayam atau Telur yang Duluan Lahir

Setelah hari itu, berhala kemudian tersebar di kalangan orang Arab yang dipusatkan di setiap kaum.

Bahkan peristiwa menyembah berhala ini dilakukan secara turun temurun sampai di zaman Nabi Muhammad Salallahu Alaihiwassalam.





Loading...
loading...