Negara Terkecil di Dunia Itu Bernama...

Negara Terkecil di Dunia Itu Bernama...

7 September 2020
Ilustrasi (foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi (foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Wilayah yang terletak di Kota Roma bagian Barat, Vatikan dinobatkan sebagai negara terkecil di dunia.

Hal itu karena Vatikan hanya memiliki luas keseluruhan 44 hektare dengan panjang 1.045 meter dan lebar 850 meter dibatasi oleh tembok tinggi dinukil dari internasional.kontan.co.id, Senin, 7 September 2020.

Dibentuk pertama kali melalui Traktat Lateran yang ditandatangani pada 1929 antara Wakil Kepala Pemerintah Takhta Suci Kardinal Pietro Gaspari dan Perdana Menteri Kerajaan Italia Benito Mussolini.

Membuat Vatikan diakui sebagai badan politik yang menjamin Takhta Suci sebagai institusi tertinggi dalam Gereja Katolik sedunia sekaligus negara berdaulat.

Meskipun negaranya paling kecil, Vatikan justru terbentuk dari proses yang cukup panjang.

Sekitar pertengahan abad ke-8, lahirlah negara bernama Kepausan dengan wilayah meliputi seluruh Kota Roma yang terbentang antara pesisir Barat dan Timur Italia.

Proses penyatuan kerajaan-kerajaan Italia mengakibatkan Negara Kepausan beberapa kali terancam dan terlibat dalam politik serta perang wilayah. Setelah Roma direbut oleh Garibaldi pada 1870 dan kekuasaan diserahkan kepada Raja Vittorio Emanuele II, Negara Kepausan pun juga turut berakhir.

Membuat Paus Pius IX meninggalkan Istana Lateran dan pindah ke Istana Vatikan lalu menetap dengan cara mengurung diri.

Membuat Raja Vittorio Emanuele II pada 1871 mengeluarkan undang-undang yang menjamin kedudukan Paus untuk menempati Istana Lateran dan Castel Gandolfo. Sayang, tindakan unilateral ini justru ditolak oleh Paus yang berkuasa saat itu hingga Paus Benediktus XV.

Seiring berjalannya waktu barulah Vatikan terbentuk setelah melalui Traktat Lateran yang ditandatangani pada tanggal 11 Pebruari 1929 antara Wakil Perdana Menteri Vatikan Kardinal Pietro Gaspari dan Perdana Menteri Kerajaan Italia Benito Mussolini.