Ini Dia Resep Donat Asli Peninggalan Perang Dunia I

Ini Dia Resep Donat Asli Peninggalan Perang Dunia I

5 September 2020
Ilustrasi (foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi (foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Hampir semua orang mengetahui bahwa donat pertama kali tercipta secara tidak sengaja untuk mengganti nutrisi bagi pasukan Amerika Serikat yang tengah berperang dengan tentara Prancis di Perang Dunia I.

Hal itu karena para sukarelawan yang berada di dapur awalnya berniat untuk menyiapkan kue pie.

Lantaran keterbatasan bahan baku dan sumber daya, maka para sukarelawan malah membuat hidangan cepat dengan bahan apa adanya yang kini disebut donat.

Agar tidak panasaran, berikut resep donat asli yang dipergunakan para relawan untuk 'mengganjal perut' tentara Amerika saat bertempur di Perang Dunia I dinukil dari kompas.com, Sabtu, 5 September 2020.

Bahan:
5 cup (625 rgram) tepung
2 cup (400 gram) gula
5 sendok teh baking powder
1/4 sendok teh garam
2 butir telur
1 3/4 cup susu
1 botol lard atau lemak hewani (opsional ganti pakai mentega atau lemak padat untuk goreng)

Cara membuat:
1. Campurkan semua bahan, kecuali lard atau mentega atau lemak padat untuk menggoreng. Campur semua bahan untuk membuat adonan.

2. Uleni adonan dengan seksama, gulung, potong-potong adonan dan bentuk menjadi bentuk cincin yang tebalnya lebih kurang 1 cm. Baca juga: Cara Simpan Donat di Freezer Tahan 2 Bulan, Tips untuk Jualan Online

3. Masukkan donat ke dalam lard atau mentega atau lemak padat khusus untuk menggoreng yang sudah dipanaskan. Pastikan lemaknya cukup panas untuk membuat donat menjadi cokelat secara bertahap. Putar donat secara perlahan beberapa kali untuk mempertahankan bentuk cincinnya dan jangan lupa untuk dibalik agar kedua sisi donat matang.

4. Saat sudah kecoklatan, angkat dan tiriskan donat. Biarkan lemaknya turun.

5. Taburi dengan gula halus. Dinginkan dan donat siap dinikmati.

Tips: Donat asli Perang Dunia I ini dibentuk menggunakan kaleng bekas baking powder.