Sejarah Hari Ini: Tewasnya Paman Sam, Salah Satu Orang yang Paling Berjasa di Amerika Serikat

Sejarah Hari Ini: Tewasnya Paman Sam, Salah Satu Orang yang Paling Berjasa di Amerika Serikat

31 Juli 2020
Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Hari ini Samuel Wilson atau Uncle Sam (US) yang melekat pada penyebutan negara Amerika Serikat meninggal dunia di usia 88 tahun pada 1854.

Ia dimakamkan di samping istrinya, Betsey Mann di Pemakaman Oakwood di Troy, New York dinukil dari liputan6.com, Jumat, 31 Juli 2020.

Julukan US yang selama dikenal memang berasal dari pria yang satu ini. Samuel adalah seorang penyuplai daging untuk Angkatan Darat Amerika Serikat selama Perang 1812.

Pada tempat penampungan berisi daging yang ia kirimkan, Wilson memberikan cap 'US' atau singkatan dari United States. Namun, para tentara kala itu lebih suka mengartikannya sebagai 'Uncle Sam' atau Paman Sam.

Sejak saat itu Samuel menjadi populer hingga ke seluruh Amerikat bahkan hingga perang berakhir. Akhirnya Pada September 1961, Kongres AS mengakui Samuel Wilson sebagai kakek moyang simbol nasional Amerika.

Untuk karakter Uncle Sam sebagai sosok berjanggut putih dan baju bintang dan garis motif bendera AS dibuat pada tahun 1860-an dan 1870-an oleh kartunis politik Thomas Nast.

Namun, sosok Paman Sam yang paling terkenal diciptakan oleh seniman artist James Montgomery Flagg yang mengenakan topi tinggi dan jas biru, dan jarinya menunjuk ke depan.