The Musalman, Satu-Satunya Surat Kabar Terpopuler Ditulis Menggunakan Tangan

The Musalman, Satu-Satunya Surat Kabar Terpopuler Ditulis Menggunakan Tangan

9 Juli 2020
Proses penulisan surat kabar The Musalman (foto: Istimewa/internet)

Proses penulisan surat kabar The Musalman (foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Tahukah bahwa harian The Musalman merupakan surat kabar populer satu-satunya di dunia yang seluruh konten termasuk iklan ditulis menggunakan tangan.

The Musalman ditulis oleh tangan dalam bahasa Urdu sejak 90 tahun lalu di kota Chennai India dinukil dari intisari.grid.id, Kamis, 9 Juli 2020.

Surat kabar ini memiliki sirkulasi sebanyak 21.000 eksemplar setiap hari. Di jual kepada pelanggan dan di kios-kios berita dengan harga kurang dari satu rupee.

Dibaca langsung oleh orang terkenal, seperti pemimpin agama, bangsawan, penulis, dan penyair, yang berkontribusi pada surat kabar ini.

Loading...

Rahasia kepopulerannya terletak pada tulisan kaligrafi yang memiliki tempat khusus di kalangan umat Islam di India. Bahkan hingga saat ini pencapaian keterampilan kaligrafi artistik tersebut sangat dihargai.

Untuk diketahui semua surat kabar Urdu awalnya mengikuti tradisi yang ditulis tangan, hingga tahun 1980-an. Barulah ketika muncul era digital, surat kabar lainnya mengadaptasi proses pencetakan untuk mengikuti perubahan teknologi.

Namun tidak bagi The Musalman. Mereka terus mempertahankan metode tradisional agar tradisi ini tetap hidup.