Suka Donat ? Yuk Intip Sejarahnya

Suka Donat ? Yuk Intip Sejarahnya

19 Juni 2020
Ilustrasi (foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi (foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Cemilan manis berbentu mirip seperti roda, donat pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat saat Perang Dunia I oleh Margaret Sheldon dan Helen Purviance.

Dua wanita ini merupakan relawan yang diperbantukan untuk menyiapkan makanan bagi para tentara Paman Sam dinukil dari bobo,grid.id, Jumat, 19 Juni 2020.

Ide membuat donat muncul lantaran keterbatasan bahan di gudang. Saat itu yang tersisa hanya tepung, gula, mentega, baking powder, dan susu kaleng. Setelah bahan didapat tibalah waktu untuk membuatnya.

Untuk membentuk donat hingga bulat sempurna, mereka berdua harus mencari berbagai benda, seperti botol jus anggur untuk menggilas adonan donat, dan botol baking powder yang sudah kosong serta sebuah tabung untuk membentuk donat.

Setelah siap, mereka hanya mampu membuat 150 buah donat, Padahal di medan perang ada 800 orang tentara yang bertugas.

Loading...

Seiring berjalannya waktu, mereka dan para relawan lain bisa menghasilkan sekitar 5 ribu donat dalam sehari. Alhasil, donat yang dibuat sangat disukai oleh para tentara yang bertugas.

Setelah Perang Dunia I selesai, para tentara yang pulang dan memulai membuatnya sendiri hingga menjadi populer di Amerika.

Bahkan donat juga dianggap sebagai simbol sukarelawan karena sejarah panjangnya tadi.