//riau1.com/

#internasional

Sejarah Hari Ini: Warga Inggris Bersorak Sorai, Puncak Gunung Everest Berhasil Ditaklukkan

R1/azhar


Puncak Gunung Everest (Foto: Istimewa/internet) Puncak Gunung Everest (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Nama dua pendaki kawakan, Edmund Hillary asal Selandia Baru dan Tenzing Norgay asal Nepal menjadi perhatian warga Inggris.

Pasalnya, tepat hari ini mereka berhasil menaklukkan puncak tertinggi Gunung Everest dinukil dari kompas.com, Jumat, 29 Mei 2020.

Orang paling pertama yang menapaki gunung bersalju ini mencatatkan sejarahnya pada 29 Mei 1953 pukul 11.30 waktu setempat.

www.jualbuy.com

Baca Jugaa: Sejarah Hari Ini: Lahirnya Boeing Company

Pendakian yang disponsori oleh pemerintah Inggris ini berhasil mencapai puncak tertinggi di dunia itu setelah mereka mengalami malam yang berat di ketinggian 8.503 meter.

Baca Juga: Sumpah Tayyip Erdogen, Bebaskan Masjid Al Aqsa dari Jajahan Israel

Meskipun kabar gembira ini baru didengar pada 2 Juni 1953, pecahnya rekor baru ini bertepatan dengan upacara pemahkotaan Ratu Elizabeth II. Warga Inggris menganggap ini sebagai pertanda bagus bagi masa depan negeri mereka.

Untuk diketahui bahwa nama Everest diberikan menurut nama Sir George Everest seorang petugas survey Inggris di Asia Selatan pada abad ke-19.

Lantaran puncak Everest melampaui dua pertiga jarak menuju atmosfer Bumi, membuat lapisan oksigennya sangat tipis, suhunya begitu dingin, cuacanya tak bisa diprediksi dan amat berbahaya untuk dijelajahi.





Loading...
loading...